PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN SIKAP KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM BIDANG KULINER DI KOTA BEKASI

SULISTIA WATININGRUM, . (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN SIKAP KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM BIDANG KULINER DI KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi keuangan dan literasi digital terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM kuliner di Kota Bekasi dengan mediasi sikap keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha yang terdaftar di Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Bekasi dengan metode purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah SEM-PLS dengan bantuan program aplikasi yaitu SmartPLS 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap keuangan, literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap keuangan, sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilkau keuangan, sikap keuangan dapat memediasi pengaruh tidak langsung literasi keuangan terhadap perilaku keuangan, dan sikap keuangan dapat memediasi pengaruh tidak langsung literasi digital terhadap perilaku keuangan. *** The purpose of this study is to determine financial literacy and digital literacy on the financial behavior of culinary MSME actors in Bekasi City with financial attitude mediation. The population in this study is business actors registered at the Bekasi City Cooperatives, Small and Medium Enterprises Office using the Purposive Sampling method and the sample used was 100 respondents. The research method used is SEM-PLS with the help of an application program, namely SmartPLS 4.0.9. The results showed that financial literacy has a positive and significant effect on financial behavior, digital literacy has no significant effect on financial behavior, financial literacy has a positive and significant effect on financial attitude, digital literacy has a positive and significant effect on financial attitude, financial attitude has a positive and significant effect on financial attitude, financial attitude can mediate the influence Indirect financial literacy on financial behavior, and financial attitude can mediate the indirect influence of digital literacy on financial behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karuniana Dianta A. S, S.IP., M.E. ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 21746 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:32
Last Modified: 05 Feb 2024 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44437

Actions (login required)

View Item View Item