PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBASIS QUESTION, INVESTIGATION AND REVIEW DI SEKOLAH DASAR

NUGRAHENI RACHMAWATI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBASIS QUESTION, INVESTIGATION AND REVIEW DI SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Generasi digital native memberi dampak signifikan pada dunia pendidikan dengan mengubah pola belajar dan pola pikir siswa. Salah satu pendekatan inovatif yang berkembang adalah Hybrid Learning, mengintegrasikan pembelajaran tradisional dan online dengan instruksi khusus (asynchronous atau synchronous) menggunakan perangkat komputer/seluler. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Hybrid Learning berbasis Question Investigation and Review (QIR) untuk meningkatkan literasi digital siswa Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian dan pengembangan digunakan, dengan mengintegrasikan model Dick & Carey dan Rowntree. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kelas eksperimen. Literasi digital diukur melalui digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety menggunakan Uji N-Gain Score dan Independent Sample t-Test. Pengembangan model ini melibatkan delapan tahapan disesuaikan dengan karakteristik siswa SD kelas tinggi: 1) Menyiapkan perangkat pendukung, 2) Membagi Peserta Didik menjadi 2 kelompok besar (face to face & e-learning), 3) Kesepakatan kelas, 4) Edukasi pengenalan gawai, 5) Pertanyaan pemantik (question), 6) Investigasi, 7) Review, dan 8) Simpulan. Model ini divalidasi oleh sebelas ahli dan dinyatakan layak. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di 6 Sekolah Dasar Negeri Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Hybrid Learning berbasis QIR layak dan efektif meningkatkan literasi digital di sekolah dasar kelas tinggi. Pengembangan model ini juga terkait dengan pemanfaatan fasilitas sekolah seperti chromebook, akses internet, dan akun belajar-id. Integrasi teknologi menjadikan model ini praktis, memberikan pengalaman pembelajaran yang dinamis, dan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran responsif terhadap perkembangan teknologi. Implikasi praktisnya melibatkan peningkatan literasi digital siswa, upaya mengatasi keterbatasan tenaga pendidik, dan optimalisasi fasilitas sekolah. Secara lebih luas, model ini dapat menghadirkan solusi holistik untuk mengatasi kesenjangan literasi digital antara digital native dan digital imigran dalam dunia pendidikan. Kata kunci: literasi digital, siswa SD, Hybrid Learning, QIR, model pembelajaran

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. 2) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 21867 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:51
Last Modified: 06 Feb 2024 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44453

Actions (login required)

View Item View Item