FAHMI OCTAVANI, . (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (741kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi jenjang pendidikan menengah yang strategis, berfokus pada membantu siswa mengembangkan kesiapan kerja guna bersaing dalam dunia pekerjaan. Kesiapan kerja tidak hanya ditentukan oleh kompetensi teknis, tetapi juga oleh kecerdasan emosional individu. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas XII jurusan teknik pemesinan di SMKN 4 Jakarta, dengan tujuan menginvestigasi hubungan antara kecerdasan emosional dan kesiapan kerja mereka. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasional dengan metode Pearson Product Moment untuk menganalisis hubungan antara variabel kecerdasan emosional sebagai variabel independen dan kesiapan kerja sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja siswa. Hal ini dapat disimpulkan dari nilai Pearson Correlation = 0,806 atau 80,6% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki hubungan yang nyata terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan teknik pemesinan di SMKN 4 Jakarta. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kesiapan Kerja, Siswa Kelas XII, Jurusan Teknik Pemesinan, SMKN 4 Jakarta. Vocational High School (SMK) serves as a strategic level of secondary education, focusing on assisting students in developing workforce readiness to compete in the job market. Workforce readiness is not solely determined by technical competencies but also by individual emotional intelligence. This study concentrates on twelfth-grade students majoring in machining technology at SMKN 4 Jakarta, aiming to investigate the relationship between emotional intelligence and their workforce readiness. Data were collected through a questionnaire with validated reliability and validity. Data analysis techniques included normality and homogeneity tests, along with a correlational test using the Pearson Product Moment method to analyze the relationship between emotional intelligence as an independent variable and workforce readiness as a dependent variable. The results revealed a positive and significant correlation (Pearson Correlation = 0.806 or 80.6%, with a significance level of 0.001 < 0.05), indicating a substantial relationship between emotional intelligence and workforce readiness. Consequently, the hypothesis proposed in this study is accepted. Keyword: Emotional Intelligence, Machining Technology Major, SMKN 4 Jakarta, Twelfth-Grade Students, Workforce Readiness
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Imam Mahir, M.Pd. 2). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 21846 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 00:45 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 00:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44460 |
Actions (login required)
View Item |