PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DI RUMAH BELAJAR KARANG TARUNA RW 3 DI RAWABELONG JAKARTA BARAT

SYAIFA NURUL AZKIA HAENESA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DI RUMAH BELAJAR KARANG TARUNA RW 3 DI RAWABELONG JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan metode yang digunakan dalam proses pembuatan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kemudian digunakan nantinya adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang melewati 5 pokok tahapan. Dalam proses pembuatan media, terlibat satu ahli media dan ahli materi yang menilai kelayakan media pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah 15 anggota karang taruna RW 03 Sukabumi Utara kecamatan Rawabelong yang menjadi peserta pada salah satu program Rumah Belajar Karang Taruna RW 03 dengan rentang umur 18 – 24 tahun. Hasil dari penelitian ini telah diketahui bahwa : (1) Media flashcard yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi untuk peserta memperoleh skor hasil pre test sebesar 740 dengan persentase 49,3 mengalami peningkatan dengan skor hasil post-test sebesar 1.350 dengan persentase 90%. (2) Cara pengaplikasian media flashcard kepada peserta adalah dengan membagikan kartu kepada peserta dan melaksanakan proses pembelajaran selama tiga kali pertemuan yang setiap pertemuan akan diadakan preview dari materi sebelumnya yang telah diajarkan. (3) Penilaian dari ahli materi mendapatkan skor sebesar 4,01 dengan persentase 77,8% dan skor penilaian dari ahli media 4,27 dengan persentase 85,5%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media flashcard untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris layak untuk digunakan sebagai media edukasi. ***** This research uses the Research and Development (R&D) to approach the target and the method used in the process of making flashcard learning media to improve English language skills which is then used later is the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) which goes through 5 main stages. In the process of making the media, a media expert and a material expert are involved who assess the suitability of the learning media. The subjects in this research were 15 members of the RW 03 North Sukabumi Karang Taruna, Rawabelong sub-district who were participants in one of the RW 03 Karang Taruna Learning House programs with an age range of 18 – 24 years old. The results of this research shows that: (1) Flashcard media which was developed to improve English language skills through the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation for participants obtained a pre-test score of 740 with a percentage of 49.3 experienced an increase with a post-test score of 1,350 with a percentage of 90%. (2) The way to applied the flashcard for participants were by giving them the card while the learning take places for three times of meeting and for each meeting there was a preview to recalled the material which already given before. The assessment from material experts received a score of 4.01 with a percentage of 77.8% and the assessment score from media experts was 4.27 with a percentage of 85.5%. Therefore, it can be concluded that flashcard media to improve English language skills is suitable for use as educational media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd. ; 2). Karta Sasmita, S.Pd, M,Si, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21414 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:48
Last Modified: 06 Feb 2024 00:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44475

Actions (login required)

View Item View Item