PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI KERAJAAN HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

FARA NADYA PUTRI, . (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI KERAJAAN HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan serta meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Duren Sawit 02 Pagi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneilitain ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi expert review (ahli materi, ahli media dan ahli bahasa) dabn uji coba peserta didik (one to one, small group, field test). Hasil uji validasi expert review didapatkan rata-rata sebesar 90% dapat dikategorikan sangat baik. Hasil uji coba peserta didik didapatkan rata-rata sebesar 94,8% dapat dikategorikan sangat baik. Hasil pengembangan pada penelitian ini berupa produk media pembelajaran e-book berbasis model pembelajaran inquiry pada materi kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. Kebermanfaatan produk e-book berbasis model pembelajaran inquiry adalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung yang dapat mengaktifkan dan memberi pemahaman peserta didik mengenai materi kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia sehingga peserta didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. ***** This study aims to increase activeness and increase students' understanding of Hindu-Buddhist and Islamic kingdom material in Indonesia. This type of research is Research and Development (Research and Development) using the ADDIE development model. The subject of this study was a grade IV student of SDN Duren Sawit 02 Pagi. In this study, the data collection technique used was through observation and interviews. The data analysis technique used in this study is quantitative descriptive. The data in this study was obtained from the validation of expert reviews (material experts, media experts and linguists) and student trials (one to one, small group, field test). The results of the expert review validation test obtained on average of 90% can be categorized as very good. The results of student trials obtained on average of 94.8% can be categorized as very good. The results of the development of this research are in the form of e-book learning media products based on inquiry learning models on Hindu-Buddhist and Islamic kingdom material in Indonesia. The usefulness of inquiry learning model-based e-book products is that they can be used as supporting learning media that can activate and provide students' understanding of Hindu-Buddhist and Islamic kingdom material in Indonesia so that students can relate to daily life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Evita Adnan, M.Psi. ; 2). Indah Wardatussa’idah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21195 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:51
Last Modified: 06 Feb 2024 00:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44477

Actions (login required)

View Item View Item