PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR

YUQA PUTRI RAMADHINA, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget sebagai sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata Pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Jumlah sampel 104 peserta didik. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup sedangkan data sekunder diperoleh dari Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap. Analisis data yang digunakan Adalah Analisis Jalur dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian hipotesis pertama penggunaan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruh 0,439. Pada hipotesis kedua minat belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruh 0,549. Selanjutnya hipotesis ketiga diterima yang berarti penggunaan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh langsung positif terhadap minat belajar dengan besar pengaruh 0,846. Dan hipotesis keempat diterima, artinya terdapat pengaruh tidak langsung penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar sebesar 0,464 dengan p value < 0,05 yang berarti minat belajar memiliki peran dalam memediasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : gadget, hasil belajar, minat belajar, smartphone, sumber belajar ********* The purpose of the study was to determine the effect of using gadgets as learning resources and interest in learning on the learning outcomes of grade X students in economics subjects at SMA Muhammadiyah 11 East Jakarta. Using a quantitative approach and survey method. The sample size was 104 students. The data used were primary and secondary data. Primary data was obtained using a closed questionnaire while secondary data was obtained from the Summative Assessment of the End of Even Semester. The results of the first hypothesis research using gadgets as a learning resource have a direct positive effect on student learning outcomes with a magnitude of 0.439 influence. In the second hypothesis, interest in learning has a direct positive effect on student learning outcomes with a magnitude of 0.549. Furthermore, the third hypothesis is accepted, which means that the use of gadgets as a learning resource has a direct positive effect on learning interest with a magnitude of 0.846. And the fourth hypothesis is accepted, meaning that there is an indirect effect of using gadgets as learning resources on student learning outcomes through learning interest of 0.464 with a p value <0.05, which means that learning interest has a role in mediating the use of gadgets as learning resources on student learning outcomes. Keywords: gadgets, learning outcomes, interest in learning, smartphones, learning resources

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 20928 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:34
Last Modified: 06 Feb 2024 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44484

Available Versions of this Item

  • PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR. (deposited 06 Feb 2024 01:34) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item