PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH DESAIN INTERIOR SEBAGAI PENDAMPING E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PANJI ANGGORO SETYO, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH DESAIN INTERIOR SEBAGAI PENDAMPING E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk memberikan media pembelajaran sebagai pendamping berupa video pembelajaran pada mata kuliah Desain Interior pada Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Media pendamping ini membuat mahasiswa dapat mengakses media tersebut baik dikelas maupun belajar secara mandiri. Media pendamping tertaut dengan E-modul dengan link atau barcode yang terhubung langsung oleh video pembelajaran melalui youtube. Penelitian ini menggunakan metode konsep Four-D yang memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate atau dapat diartikan juga dengan metode 4-P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran). Teknik analisa yang digunakan adalah kuisioner untuk mengumpulkan data analisis kebutuhan awal, validasi ahli materi dan ahli media, dan responden mahasiswa terhadap tujuan dari penggunaan video pembelajaran Desain Interior. Media video pembelajaran Desain Interior ini telah divalidasi oleh dua oranng dari ahli materi dan dua orang dari ahli media menggunakan skala likert 1-5 yaitu dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata dengan skor 83,33% dan termasuk dalam kategori layak. Pada ahli media mendapatkan nilai rata-rata dengan skor 95% dan masuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat menarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis video sebagai pendamping e-modul ini adalah layak untuk digunakan pada mata kuliah Desain Interior. Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Desain Interior ABSTRACT The purpose of developing video-based learning media is to provide supplementary learning materials in the form of instructional videos for the Interior Design course in the Building Engineering Education Program at Jakarta State University. This supplementary media enables students to access the content both in the classroom and for self-directed study. The supplementary media is linked to the E-module through a link or barcode, directly connecting it to instructional videos via YouTube. ***** This research utilizes the Four-D concept method, consisting of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate, which can also be interpreted as the 4-P method (Definition, Design, Development, and Dissemination). The analysis technique involves the use of questionnaires to collect data for initial needs analysis, validation by subject matter experts and media experts, and user satisfaction surveys on the Interior Design instructional videos. The Interior Design instructional videos have been validated by two subject matter experts and two media experts, using a Likert scale from 1-5. The subject matter experts yielded an average score of 83,33%. The media experts obtained an average score of 95%. Consequently, it can be concluded that the video-based learning media, as a supplement to the e-module, is suitable for use in the Interior Design course. Keywords: Development, Learning Video, Interior Design

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd ; 2). Prof. Dr. Tuti Iriani, M. Si
Subjects: Kesenian > Arsitektur dan Dekorasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 21815 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 23:50
Last Modified: 05 Feb 2024 23:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44493

Actions (login required)

View Item View Item