PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN GAME TECHNIQUE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI

SRI AMBAR WULAN, . (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN GAME TECHNIQUE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya proses pendidikan untuk transfer pengetahuan dan moral pada pembelajaran daring saat pandemi, serta sikap negatif yang muncul pada pembelajaran Fisika menjadi latar belakang untuk dikembangkannya strategi belajar yang secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir peserta didik. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan game technique (GPjBL) terhadap hasil belajar aspek kognitif dan keterampilan berpikir kreatif pada konsep energi dan usaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen rancangan nonequivalent control group design. Kemudian melalui pre-test dan post-test dengan instrumen tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif yang sudah di validasi oleh ahli, dilakukan uji hipotesis Independent Sample T-test untuk melihat perbedaan hasil antara kelompok PjBL dengan GPjBL serta Paired Two Sample T-test untuk melihat pengaruh GPjBL terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada kelompok GPjBL dibandingkan dengan kelompok PjBL baik untuk variabel hasil belajar maupun variabel keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai p-value masing-masing sebesar 0,000. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan GPjBL yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,000, serta terdapat pengaruh signifikan pada keterampilan berpikir kreatif setelah diberikan perlakuan GPjBL yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. ; 2) Dr. Hadi Nasbey, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sri Ambar Wulan .
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:03
Last Modified: 07 Feb 2024 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44526

Actions (login required)

View Item View Item