MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMUKUL BOLA BESAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN DI KELAS V SDN SOLEAR 1

MUHAMMAD GUMNA AL WASI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMUKUL BOLA BESAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN DI KELAS V SDN SOLEAR 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan memukul pada permainan bola besar melalui modifikasi permainan dalam mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas V. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Solear 1 Kabupaten Tangerang. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang peserta didik. Model penelitian Tindakan kelas ini adalah Model Kemmis dan Mc. Taggart. Data hasil kemampuan ranah keterampilan keterampilan memukul bola besar pada siklus I Mencapai 55% kriteria peserta didik yang mendapatkan kriteria baik, kemudian pada siklus II mencapai 75% peserta didik yang mendapatkan kriteria baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 85% peserta didik kelas V yang mencapai kriteria baik dalam melakukan keterampilan memukul pada permainan bola besar dan dianggap memenuhi kriteria pencapaian yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan keterampilan memukul permainan bola besar pada peserta didik kelas V SDN Solear 1 Kabupaten Tangerang. Sehingga guru dapat menerapkan modifikasi permainan ini sebagai alternatif dalam pembelajaran PJOK pada permainan Bola besar. ***** This Classroom Action Research aims to enhance the basic striking skills in large ball games through game modification in Physical Education, Sports, and Health Education (P.E.S.H.E.) for fifth-grade students. The research was conducted at SDN Solear 1 in Tangerang Regency. The participants consisted of 20 fifth-grade students. The research model employed was the Kemmis and Mc. Taggart Action Research Model. The data on the results of basic Striking skills in the first cycle showed a 55% achievement, with students meeting the criteria for good performance. In the second cycle, this figure increased to 75%, and in the third cycle, it further improved to 85%, meeting the set criteria for good performance. This research concludes that the application of game modification can enhance the basic striking skills in large ball games for fifth-grade students at SDN Solear 1 in Tangerang Regency. Consequently, teachers can implement these game modifications as an alternative in P.E.S.H.E. lessons for large ball games.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21988 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2024 05:28
Last Modified: 15 Feb 2024 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44660

Actions (login required)

View Item View Item