STRATEGI GURU DALAM PEMBIASAAN IBADAH SHALAT DHUHA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN SEKOLAH KHUSUS NEGERI 02 LEBAK

FADHOLI AKBAR, . (2024) STRATEGI GURU DALAM PEMBIASAAN IBADAH SHALAT DHUHA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN SEKOLAH KHUSUS NEGERI 02 LEBAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait strategi guru dalam pembiasaan ibadah Shalat Dhuha pada peserta didik hambatan pendengaran. Metode yang dilakukan ialah kualitatif deskriptif dan informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi demonstrasi dengan pendekatan individual. Temuan penelitian menunjukkan guru menyatukan fokus pada kegiatan pendahuluan, melakukan demonstrasi serta menggunakan media visual pada penyampaian informasi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk komunikasi maupun praktik dengan tujuan membangun kepercayaan diri, melakukan evaluasi dengan tes, menetapkan target disiplin dan kemandirian di dalam pembiasaan ibadah Shalat Dhuha. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi demonstrasi dengan pendekatan individual, melakukan pengajaran terkait tata cara ibadah Shalat Dhuha dan pembiasaan ibadah Shalat Dhuha. Rekomendasi dari penelitian ini mengembangkan program pembelajaran yang lebih efektif serta meningkatkan pemahaman dan partisipasi peserta didik dalam pelaksanaan ibadah Shalat Dhuha peserta didik berkebutuhan khusus. ********** This study aims to describe the teacher's strategy in habituation of Dhuha Prayer in students with hearing impairments. The method used is descriptive qualitative and the informants in this study are class III teachers and class IV teachers. The data collection methods used were interviews, observations and document studies. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing. The data validity technique used data triangulation. The results showed that teachers used a demonstration strategy with an individualized approach. The research findings show that teachers bring together the focus on preliminary activities, conduct demonstrations and use visual media in conveying information, provide opportunities for students to communicate and practice with the aim of building self-confidence, conduct evaluations with tests, set discipline and independence targets in the habituation of Dhuha Prayer. The conclusion of the study shows that teachers use demonstration strategies with an individualized approach, conduct teaching related to Dhuha Prayer procedures and habituation of Dhuha Prayer. Recommendations from this study develop a more effective learning program and increase students' understanding and participation in the implementation of Dhuha Prayer worship for students with special needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Leliana Lianty, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21184 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:36
Last Modified: 12 Feb 2024 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44676

Actions (login required)

View Item View Item