PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN ETNOGRAFI KELAS V SDN BOJONGGEDE 07

DWI PUTRI BADRIYAHNI, . (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN ETNOGRAFI KELAS V SDN BOJONGGEDE 07. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (765kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tindakan Problem Based Learning berbasis etnografi pada siswa kelas V khususnya materi operasi hitung pecahan matematika. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Bojonggede 07 kelas V dengan jumlah 42 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart dengan pelaksanaan II siklus. Data yang dihasilkan pada siklus terakhir siklus II tes kemampuan pemecahan masalah matematis memenuhi yang diharapkan (>80%) yaitu sebesar 90,5%. Siswa yang memiliki nilai 75 < ≤ 100 yaitu sebanyak 39 siswa dengan presentase 90,5% dan sisanya 4 siswa mendapatkan nilai dibawah 75 dengan presentase 12% dengan jumlah keseluruhan hadir 42 siswa. Begitu pula dengan pengamatan guru dan siswa mendapatkan peningkatan disiklus terakhir dengan hasil 93,3% dan 95%. Data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning berbasis etnografi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sebagaimana yang telah disampaikan pada hasil analisis bawa penelitian ini dikatakan berhasil jika pengamatan dan soal tes meningkat >80% ***** This study aims to see the improvement of mathematical problem solving ability with ethnographic- based Problem Based Learning actions in V class student in particular mathematical calculation operations.This type of study used the Class Action Research type conducted at SDN Bojonggede 07 class V with 42 students. This study used the Kemmis & Mc model. Taggart with the implementation of II cycles. The data generated in the last cycle of cycle II of mathematical logical intelligence tests met the expected (–80%) of 90,5%. Students with a score of 75 < x ≤100 were 39 students with a presentation of 90,5% and the remaining 4 students scored below 75 with a presentation of 12% with a total attendance of 42 students. Similarly, teachers and students saw an increase in the last cycle with 93,3% and 95% results. The data show that learning using mathematical problem solving ability with Learning ethnographic-based Problem Based Learning can improve as presented in the results of the analysis. Bring this study to a close if observations and test problems increase by >80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M.Kurnianti M.Ed. ; 2). Yustia Suntari S.Pd, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21412 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2024 23:56
Last Modified: 12 Feb 2024 23:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44679

Actions (login required)

View Item View Item