STRATEGI PEMBELAJARAN BIMBINGAN BELAJAR LCC DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA PELAJARAN IPS (Studi Deskriptif LCC Rawamangun, Jakarta Timur).

WINDA ROSMALA DEWI, . (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BIMBINGAN BELAJAR LCC DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA PELAJARAN IPS (Studi Deskriptif LCC Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover - nim.pdf

Download (168kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
3. lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (400kB)
[img] Text
4. lembar orisinalitas.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (651kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
10. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
12. bab 5.pdf

Download (239kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. daftar riwayat hidup.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Strategi Pembelajaran Bimbingan Belajar LCC dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Pada Pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Tutor IPS dan Siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa strategi pembelajaran yang digunakan tutor IPS berpacu pada beberapa konsep strategi pembelajaran, seperti Menyusun tujuan pembelajaran, Merangkai kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan; Melaksanakan evaluasi pembelajaran IPS, membuat target-target yang harus dicapai oleh peserta didik; Membuat kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman dan rilex; Melalui kegiatan edukasi tutor ips memberikan motivasi belajar, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Misalnya metode role playing, diskusi, games, tanya-jawab yang membuat mereka merasa semangat kembali. Tutor-tutor IPS di LCC juga menerapkan berbagai macam ciri-ciri metode yang baik seperti pengggunaan fasilitas LCC sebagai penunjang pembelajaran. Fasilitas pembelajaran yang dimaksud seperti Roadshow PTN, Dream School ; Membuat proses pembelajaran menjadi rilaks dan santai, mengikuti saran/kritik dari siswa; Membuat materi pelajaran menjadi luas, dan memberikan praktik serta teori; Memberikan siswa kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan mampu menempatkan diri sebagai pengajar dalam posisi yang tepat, terhormat. Konsep pembelajaran di LCC yaitu menggunakan metode fast learning (focus,achievement,strategy,trick) sudah berjalan dengan baik. Melihat sikap belajar siswa yang tergolong baik dan termotivasi dengan cara tutor IPS dalam mengajar. This study aims to provide an overview of the LCC Tutoring Learning Strategy in Improving Middle School Student Learning Motivation in Social Studies. The research method used is descriptive with data collection techniques through questionnaires, observation, interviews and documentation. The subjects of this study were social studies tutors and junior high school students. The results showed that the learning strategies used by social studies tutors were driven by several concepts of learning strategies, such as Developing learning objectives, Arranging learning activities to be carried out; Carry out evaluation of social studies learning, make targets to be achieved by students; Make teaching and learning activities comfortable and relaxed; Through educational activities the ips tutor provides learning motivation, using a variety of learning methods. For example the method of role playing, discussion, games, questions and answers that make them feel excited again. Social studies tutors at LCC also apply various features of good methods such as the use of LCC facilities to support learning. Learning facilities in question such as PTN Roadshow, Dream School, etc.; Making the learning process relaxed and relaxed, following suggestions / criticisms from students; Making subject matter broad, and providing practice and theory; Give students the opportunity to express their opinions and be able to position themselves as instructors in appropriate, respectable positions. The concept of learning in LCC that is using the method of fast learning (focus,achievement,strategy,trick) has been going well. See student learning attitudes that are classified as good and motivated by the way social studies tutors teach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si. ; 2). Dr. Desy Safitri, M.Si
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1147 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 15:03
Last Modified: 05 Mar 2020 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item