ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATERI STOIKIOMETRI PESERTA DIDIK KELAS XI MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN

DHANIAH NURUL UTAMI, . (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATERI STOIKIOMETRI PESERTA DIDIK KELAS XI MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konseptual peserta didik kelas XI pada materi stoikiometri menggunakan strategi PredictObserve-Explain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 21 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas XI-7 yang berjumlah 35 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dari lembar observasi, reflektif jurnal, catatan guru, tes akhir pemahaman konseptual dan wawancara. Pada penelitian ini digunakan kategori pemahaman yang diadaptasi dari Kimberlin & Yezierski (2016) untuk menganalisis tingkat pemahaman peserta didik dengan kategori paham, paham sebagian, paham sebagian dengan miskonsepsi, miskonsepsi keseluruhan dan tidak paham. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka menggunakan strategi POE. Strategi POE terdiri dari tiga tahapan, yaitu peserta didik memprediksi, peserta didik melakukan observasi dan peserta didik menjelaskan hasil observasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada materi stoikiometri sebagian besar peserta didik berada pada kategori “paham” dengan rata rata persentase sebesar 70,3%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah strategi POE dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konseptual pada materi stoikiometri ********** This study aims to determine the conceptual understanding of grade XI students on stoichiometry material using the Predict-Observe-Explain strategy. The research method used is qualitative method. The research was conducted at SMA Negeri 21 Jakarta in the odd semester of the 2023/2024 school year. The research subjects were students of class XI-7 which totaled 35 students. The research data were collected from observation sheets, reflective journals, teacher notes, conceptual understanding final test and interviews. In this study, understanding categories adapted from Kimberlin & Yezierski (2016) were used to analyze the level of understanding of students with the categories of understanding, partial understanding, partial understanding with misconceptions, overall misconceptions and not understanding. Learning is conducted face-to-face using the POE strategy. The POE strategy consists of three steps, namely students predict, students make observations and students explain the results of their observations. The results of this study indicate that in stoichiometry material most students are in the "understand" category with an average percentage of 70.3%. The conclusion that can be drawn is that the POE strategy can help students in improving conceptual understanding of stoichiometry material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma Hadinugraha, M.Si. ; 2). Elma Suryani, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 22038 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2024 05:55
Last Modified: 15 Feb 2024 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44825

Actions (login required)

View Item View Item