PILIHAN RASIONAL DALAM PEMBELIAN MEREK LOKAL SEBAGAI PEMENUHAN GAYA HIDUP (STUDI KASUS : 5 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2019 PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE)

NUR AINI, . (2024) PILIHAN RASIONAL DALAM PEMBELIAN MEREK LOKAL SEBAGAI PEMENUHAN GAYA HIDUP (STUDI KASUS : 5 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2019 PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pilihan rasional mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang merupakan pengguna e-commerce Shopee dalam membeli merek lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan, faktor yang mempengaruhi, dan bentuk pilihan rasional mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam memilih merek lokal fesyen (Damelia dan Berrybenka) dan merek lokal kecantikan (Somethinc dan Azarine) di E-Commerce Shopee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Juli 2023 hingga September 2023. Penelitian ini berlokasi di Universitas Negeri Jakarta dengan subjek penelitian 5 mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2019 sebagai informan inti. Informan triangulasi sebanyak 5 orang yang merupakan teman dekat dan keluarga dari informan inti. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pilihan rasional mahasiswa dalam membeli merek lokal melalui e-commerce adalah dengan mempertimbangkan harga dan kualitas. Selain itu, mahasiswa lebih memilih untuk melakukan belanja online karena lebih efisien dan hemat waktu. Adanya faktor dari kelompok referensi, keluarga, kelas sosial, dan kebudayaan mendorong mahasiswa untuk membeli merek lokal karena harga dan kualitasnya. Merek lokal juga memiliki nilai fungsional, nilai emosional, dan nilai ekspresi diri bagi mahasiswa. Mahasiswa yang memperhatikan penampilannya merasa lebih percaya diri dan sebagai bentuk mencintai diri sendiri. E-commerce Shopee dan merek lokal dinilai mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup. Pemenuhan gaya hidup merupakan sesuatu yang rasional karena gaya hidup dibentuk oleh budaya dan norma. Memenuhi norma merupakan suatu pilihan rasional. Memenuhi gaya hidup dengan merek lokal berarti merek lokal mampu memenuhi standar yang normatif. Kata Kunci: Pilihan Rasional, E-Commerce, Shopee, Merek Lokal, Gaya Hidup ******** This thesis discusses the rational choices of Sociology Education students who are Shopee e-commerce users in buying local brands. The aim of this research is to describe the reasons, influencing factors, and rational choices of Sociology Education students in choosing local fashion brands (Damelia and Berrybenka) and local beauty brands (Somethinc and Azarine) on Shopee E-Commerce. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method. The research will be carried out from July 2023 to September 2023. This research was located at Jakarta State University with research subjects 5 Sociology Education students class of 2019 as core informants. The triangulation informants were 5 people who were close friends and family of the core informants. Research data was obtained through observation, in-depth interviews, literature study, and documentation. The results of this research show that students' rational choice in buying local brands via e-commerce is by considering price and quality. Apart from that, students prefer to shop online because it is more efficient and saves time. The existence of factors from reference groups, family, social class and culture encourage students to buy local brands because of their price and quality. Local brands also have functional value, emotional value and self-expression value for students. Students who pay attention to their appearance feel more confident and as a form of self-love. Shopee e-commerce and local brands are considered capable of meeting lifestyle needs. Fulfilling a lifestyle is something rational because lifestyle is shaped by culture and norms. Fulfilling norms is a rational choice. Fulfilling lifestyles with local brands means that local brands are able to meet normative standards. Keywords: Rational Choice, E-Commerce, Shopee, Local Brands, Lifestyle

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prima Yustitia Nurul Islami, M.Si. ; 2). Mayang Puti Seruni, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 22061 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:00
Last Modified: 15 Feb 2024 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44836

Actions (login required)

View Item View Item