UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VA SDN SINDANG BARANG 1 KOTA BOGOR

SALWA DZULFA DWINA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VA SDN SINDANG BARANG 1 KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review) pada Kelas VA SDN Sindang Barang 1 Kota Bogor yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2023 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 mencapai 73,07%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,46%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review) Kelas VA SDN Sindang Barang 1 Kota Bogor. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan metode SQ3R pada pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 82,69%. Untuk pemantauan tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 80,76%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil pertemuan ke-2 sebesar 94,23% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 90,38%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VA SDN Sindang Barang 1 Kota Bogor dapat meningkat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode SQ3R. ***** This research aims to improve Reading Comprehension Ability through the SQ3R Method (Survey Question Read Recite Review) in the VA Class of SDN Sindang Barang 1, Bogor City, totaling 26 students. This research was conducted in November 2023, odd semester of the 2023/2024 academic year. The method used is the classroom action research method, using the Kemmis and Mc model. Taggart. Data analysis was carried out by reflecting on the activities that had been carried out in each cycle. In cycle I, students who got a score of ≥75 reached 73.07%, while in cycle II it reached 88.46%. These results show that the use of the SQ3R method in learning Indonesian can improve Reading Comprehension Ability through the SQ3R Method (Survey Question Read Recite Review) Class VA SDN Sindang Barang 1 Bogor City. Based on the results of observations of the learning process by applying the SQ3R method in Indonesian language learning, the percentage of teacher activity observations in cycle I of the 2nd meeting was 82.69%. For monitoring student activity actions at the 2nd meeting it was 80.76%. In the second cycle of monitoring teacher activity actions, the results for the second meeting were 94.23% and for student activity actions at the second meeting it was 90.38%. The implication of this classroom action research is that the reading comprehension ability of VA class students at SDN Sindang Barang 1 Bogor City can improve in learning Indonesian using the SQ3R method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Salwa Dzulfa Dwina .
Date Deposited: 15 Feb 2024 00:45
Last Modified: 15 Feb 2024 00:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44839

Actions (login required)

View Item View Item