PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS III SDN JATIMULYA 05 TAMBUN SELATAN

RAIHANA AYUNI SUKMA HAMIDIN, . (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS III SDN JATIMULYA 05 TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menari melalui media audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada peserta didik kelas III SDN Jatimulya 05 Tambun Selatan dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu bulan Agustus – November 2023 pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & McTaggart dan dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Keterampilan menari yang diharapkan harus mencapai kriteria keberhasilan sebesar ≥78 dengan target ketuntasan sebesar 80% dari jumlah seluruh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan adanya peningkatan keterampilan menari setelah diterapkan penggunaan media audio visual pada muatan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) yang ditandai dengan meningkatkan keterampilan menari peserta didik pada siklus II. Keterampilan menari peserta didik pada siklus I meraih persentase sebesar 65,38%. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika penggunaan media audio visual diterapkan, maka dapat meningkatkan keterampilan menari pada peserta didik. Kata kunci : Keterampilan menari, Media audio visual, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) ********** This research aims to improve dance skills through audio visual media in learning Cultural Arts and Crafts in grade III students of SDN Jatimulya 05 South Tambun with a total of 26 students. The research was conducted in the time span of August – November 2023 in the odd semester of the 2023/2024 academic year. The research method used in this study is Classroom Action Research which adapts the Kemmis & McTaggart model and is carried out in two cycles where each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The expected dance skills must reach the success criteria of ≥78 with a target of completion of 80% of all students. The results showed that there was an increase in dancing skills after applying the use of audio-visual media to the content of Cultural Arts and Crafts which was characterized by improving the dancing skills of students in cycle II. Students dancing skills in cycle I reached a percentage of 65.38%. In cycle II it increased to 88.46%. Thus it can be concluded if the use of audio-visual media is applied, it can improve dance skills in students. Keywords: Dance skills, Audio-visual media, Cultural Arts and Crafts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yofita Sari, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21911 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:10
Last Modified: 16 Feb 2024 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44856

Actions (login required)

View Item View Item