PENGEMBANGAN MICROLEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 21 JAKARTA

SEKAR SYAWALAHAYATI, . (2024) PENGEMBANGAN MICROLEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 21 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan microlearning berbasis media sosial Instagram dalam mendukung pembelajaran materi ikatan kelas X kimia dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari sampai November 2023 di SMAN 21 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall. Microlearning yang dikembangkan menggnakan format infografis dan video pembelajaran sehingga peserta didik dapat menerima materi secara visual (melalui infografis) dan audio-visual (melalui video pembelajaran). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian yaitu, analisis pendahuluan dan kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli dan revisi, uji coba oleh guru dan peserta didik, revisi tahap akhir. Hasil validasi oleh ahli materi dan bahasa didapatkan sebesar 91% dan ahli media 92% yang keduanya diinterpretasikan sangat layak. Hasil uji coba oleh 3 orang guru kimia didapatkan presentase sebesar 96%, uji coba skala kecil oleh 25 orang peserta didik didapatkan presentase sebesar 91% dan uji coba skala besar oleh 100 orang peserta didik didapatkan presentase sebesar 95% yang ketiganya diinterpretasikan sangat layak. Berdasarkan interpretasi yang didapat menunjukkan bahwa microlearning berbasis media social Instagram yang dikembangkan dinilai sudah memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru serta layak digunakan dalam pembelajaran ikatan kimia dengan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2). Prof. Dr. Setia Budi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 22033 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:09
Last Modified: 16 Feb 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44875

Actions (login required)

View Item View Item