ANALISIS FENOMENOGRAFI KEMAMPUAN BERPIKIR SEJARAH SISWA ZENIUS EDUCATION

AYU REGINA, . (2024) ANALISIS FENOMENOGRAFI KEMAMPUAN BERPIKIR SEJARAH SISWA ZENIUS EDUCATION. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir sejarah dengan analisis fenomenografi di Zenius Education. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2022 sampai dengan Januari 2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, tahap selanjutnya adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir sejarah siswa Zenius menunjukkan kemampuan variasi yang cukup luas. Siswa yang memiliki minat pribadi atau yang melihat relevansi materi dengan pengalaman dan konteks kehidupan mereka saat ini cenderung memiliki kemampuan berpikir sejarah yang dominan; (2) Menurut pendapat tutor sejarah, siswa Zenius memiliki kemampuan berpikir sejarah pada tingkatan yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu; (3)Berdasarkan pendekatan fenomenografi, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir sejarah siswa, yaitu perspektif siswa terhadap mata pelajaran sejarah,motivasi belajar, strategi belajar, interaksi saat belajar, kemampuan membedakan argumen dan fakta, kemampuan menghubungkan pengetahuan (materi), dan perspektif terhadap kebermanfaatan mata pelajaran. This study aimed to analyze historical thinking skills using a phenomenographic approach at Zenius Education. A qualitative case study methodology was employed, and the research was conducted from October 2022 to Januari 2024. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation, followed by data condensation, display, and conclusion drawing. The findings reveal that: (1) Students at Zenius exhibit a wide range of historical thinking abilities. Those with personal interest in the subject or who can relate the material to their current life experiences tend to demonstrate stronger historical thinking; (2) History tutors at Zenius acknowledge that students possess varying levels of historical thinking skills, tailored to each individual's capabilities; (3) The phenomenographic approach identified several factors influencing students' historical thinking skills, including their perspective on the history subject, learning motivation, study strategies, interactive learning processes, the ability to differentiate between arguments and facts, the skill to connect knowledge, and their viewpoint on the usefulness of the subject matter.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Nur Aeni Marta, M.Hum 2) Dr. Abrar, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Ayu Regina .
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:47
Last Modified: 16 Feb 2024 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44897

Actions (login required)

View Item View Item