NUSA PENINDA HAKIM, . (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) BERBASIS SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan di Kelas VIII-4 SMP Negeri 277 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (614kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbasis Sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII-4 di SMP Negeri 277 Jakarta sejak bulan Oktober sampai bulan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan 3 siklus, dan dari setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (action), Observasi (observating), dan Refleksi (refleting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus satu sebesar 52,77% (19 peserta didik) memperoleh nilai hasil belajar di atas KKM 79, siklus dua sebesar 75% (27 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 79, dan siklus tiga sebesar 88% (32 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 79. Selain itu model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbasis Sosiodrama mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam aspek bertanya, menjawab, berpendapat dan bekerja sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbasis Sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu di atas standar KKM 79. This study aims to obtain empirical data regarding the use of SociodramaBased Visual Auditory Kinesthetic learning models in improving students' social learning outcomes. This research was conducted on students of class VIII-4 at SMP Negeri 277 Jakarta from October to November 2019. The research method used was Classroom Action Research (CAR). The study uses 3 cycles, and from each cycle consists of four stages, namely: Action Planning, Action Implementation, Observation, and Reflection. Based on the results of research from learning outcomes have increased in each cycle, cycle one of 52.77% (19 students) gained learning outcomes above KKM 79, cycle two by 75% (27 students) reached values above KKM 79, and cycle three of 88% (32 students) achieved a score above KKM 79. Besides that, the Sociodrama-Based Visual Auditory Kinesthetic Learning Model was able to increase the activeness of students in the aspects of asking, answering, arguing and working together. Thus it can be concluded that the use of Sociodrama-Based Visual Auditory Kinesthetic learning model can improve students' social studies learning outcomes and can increase student activity. So students can get better social studies learning outcomes that are above the KKM 79 standard.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si ; 2). Sujarwo, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 309 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 14:58 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 14:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4492 |
Actions (login required)
View Item |