PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI PERILAKU TOLONG MENOLONG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

LUTFIAH INDAH FAZRI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI PERILAKU TOLONG MENOLONG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tolong menolong adalah salah satu dari perilaku prososial yang dapat dikenalkan pada anak usia dini. Perilaku tolong menolong merupakan perilaku yang positif dan baik bagi anak untuk dapat berinteraksi atau bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Jika sejak dini anak tidak dapat berperilaku yang baik, maka akan mengalami hambatan pada perkembangan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku cerita secara digital untuk menstimulasi perilaku tolong menolong pada anak usia 5-6 tahun, dan juga dapat mempermudah guru sebagai rujukan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yang diberikan untuk anak. Pengembangan media buku cerita digital ini memiliki manfaat dengan perilaku tolong menolong yaitu untuk anak dapat menolong orang lain tanpa melihat siapa yang akan ditolong dan memotivasi anak dalam berperilaku tolong menolong dilingkungannya, seperti menolong temannya yang sedang kesulitan dan membantu pekerjaan ibu dirumah. Hal ini termasuk dalam perilaku tolong menolong yang membutuhkan usaha (substansial personal helping) dengan usaha yang baik dilakukan oleh anak memberikan dampak yang positif dilingkungannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang didapatkan melalui instrument kuesioner dari ulasan ahli data berdasarkan instrument kuesioner review ahli serta instrumen evaluasi untuk calon pengguna atau pengamatan pada anak. Penilaian evaluasi oleh ahli media mendapatkan nilai 80%, evaluasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 93% dan evaluasi oleh tiga guru PAUD mendapatkan nilai akhir sebesar 88%. Hasil perhitungan tahap uji coba pada 8 anak usia 5-6 tahun adalah 88%. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku cerita digital memberikan manfaat pada anak untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menstimulasi perilaku tolong menolong. Media ini juga digunakan oleh guru melalui buku cerita digital yang mudah diakses dan menarik perhatian anak. ***** Helping is one of the prosocial behaviors that can be introduced in early childhood. Helping behavior is positive and good behavior for children to be able to interact or socialize in the community. If children cannot behave well from an early age, they will experience obstacles in their further development. This development research aims to produce a digital storybook product to stimulate helping behavior in children aged 5-6 years, and can also make it easier for teachers to serve as a reference for learning media in the learning process given to children. The development of this digital storybook media has the benefit of helping behavior, namely for children to be able to help others without looking at who they are helping and motivating children to be able to behave in a helpful manner in their environment, such as helping friends who are in trouble and helping their mother with their work at home. This is included in helping behavior that requires effort (substantial personal helping). This research uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model which was obtained through a questionnaire instrument for expert review of data based on a questionnaire instrument for expert review as well as an evaluation instrument for potential users or observations of children. The results of the product validity test by material experts received a final score of 80%. The results of the product validity test by media experts received a final score of 93%. The results of the trial carried out on two PAUD teachers obtained a final score of 88%. The results of product trials on children aged 5-6 years produced a final score of 88%. The research results show that digital storybooks provide benefits to children because they can be used as learning media to stimulate helping behavior. This media is also used by teachers through digital storybooks which are easy to access and attract children's attention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd. ; 2). Hikmah, M.M., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 21367 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:47
Last Modified: 19 Feb 2024 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44920

Actions (login required)

View Item View Item