KESANTUNAN BERBAHASA DALAM BIMBINGAN SKRIPSI MAHASISWA (Suatu Penelitian Fenomenologi di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang)

AIDIL SYAH PUTRA, . (2023) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM BIMBINGAN SKRIPSI MAHASISWA (Suatu Penelitian Fenomenologi di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tindak tutur yang digunakan oleh mahasiswa dalam bimbingan skripsi di program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang serta fenomena kesantunan mahasiswa dalam bimbingan skripsi di program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologis. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui rekaman serta wawancara semistruktur dengan 29 orang mahasiswa yang berasal dari suku Sunda, Betawi, Jawa dan Minang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 bentuk tindak tutur yang digunakan oleh mahasiswa dalam bimbingan skripsi yaitu pujian, perintah, permintaan, persetujuan, pemberian, ajakan, penolakan, ungkapan terima kasih, simpati, dan tuturan penerimaan. Selanjutnya, fenomena kesantunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang terpengaruh dari budaya dan karakteristik mahasiswa, terlihat pada kosakata, tata Bahasa serta penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung. ***** This study aims to explore the speech acts used by college students in thesis guidance in the English Language Education study program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Tangerang and the phenomenon of college student politeness in thesis guidance in the English Education study program FKIP, University of Muhammadiyah Tangerang. The design of this research is qualitative with phenomenological method. The data in this study were obtained through recordings and semi-structural interviews with 29 college students from the Sundanese, Betawi, Javanese and Minang ethnic groups. The results showed that there were 10 forms of speech acts used by college students in thesis guidance, namely praise, orders, requests, approval, giving, invitations, rejection, expressions of thanks, sympathy, and acceptance speeches. Furthermore, the phenomenon of politeness of college students of the English Education Study Program FKIP University of Muhammadiyah Tangerang is influenced by the culture and characteristics of college students, seen in vocabulary, grammar and the use of direct and indirect sentences.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. 2). Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Aidil Syah Putra .
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:53
Last Modified: 22 Feb 2024 04:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44956

Actions (login required)

View Item View Item