VINA PUJI TRIANI, . (2024) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (752kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada pembelajaran abad ke-21 melatih peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau yang sering disebut dengan High Order Thinking Skills (HOTS).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest–Posttest Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 pada kelompok eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning dan 24 kelompok kontrol yang diajarkan dengan metode kooperatif tipe STAD. Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas (Uji Liliefors), Uji Homogenitas (Uji Bartlett) dan Uji N-Gain taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Skor rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi 0,048 dibandingkan skor rata-rata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,029. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik kelas V dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan thitung sebesar 3,141 sedangkan ttabel sebesar 2,013. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Pbl; Kooperatif Tipe STAD. ************ The purpose of this study was to determine whether there is an influence between the application of the Problem Based Learning (PBL) learning method on the ability to think at a high level in Pancasila education learning for fifth grade elementary school students. This research is quantitative research using experimental methods. The design used in this research is Pretest-Posttest Control Group Design. The number of samples in this study were 24 in the experimental group taught by the Problem Based Learning learning method and 24 control groups taught by the STAD type cooperative method. The data analysis used was Normality Test (Liliefors Test), Homogeneity Test (Bartlett Test) and N-Gain Test at a significance level of 0.05. The results showed that: (1) Both classes have differences in higher order thinking skills in Pancasila education learning with an average N-Gain score in the experimental class of 0.048 and the average N-Gain score in the control class is 0.029. (2) There is a significant effect of using the problem-based learning method on the ability to think at a high level in fifth grade students in learning Pancasila education with a tcount of 3.141 while the ttable is 2.013. Keywords: Higher Level Thinking Ability; Pbl; STAD Type Cooperativ.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 21684 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:25 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44967 |
Actions (login required)
View Item |