PENGEMBANGAN KARTU KOKAMI PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN SEKSUAL BAGI PESERTA DIDIK SMP

R. ISRO AMALIA YUPAR SAPUTRA, . (2024) PENGEMBANGAN KARTU KOKAMI PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN SEKSUAL BAGI PESERTA DIDIK SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITASNEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kokami (kotak kartu misterius) pada pembelajaran Teams Games Tournament untuk memberikan informasi tentang kekerasan seksual bagi peserta didik SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah Educational Design Research yang terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dengan pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dalam tahap Analisis & Eksplorasi, mendesain dan mencetak media yang dikembangkan dalam tahap Desain & Kontruksi, dan melakukan uji validitas media dalam tahap Evaluasi & Refleksi. Hasil yang diperoleh pada uji validitas media adalah 95,2% (Sangat Layak), uji validitas materi 82,6% (Sangat Layak), dan validasi pengguna oleh dua guru BK 96% dan 88% (Sangat Layak). Dengan demikian kartu kokami ini sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan pengetahuan tentang kekerasan seksual bagi peserta didik SMP. Media kartu kokami ini terdiri dari kartu pertanyaan serta jawaban, amplop, petunjuk penggunaan, dan box. ***** This development research aims to develop kokami card media (mysterious card box) in Teams Games Tournament learning to provide information about sexual violence for junior high school students. The development model used is Educational Design Research which consists of several stages. Starting with data collection using questionnaires and interviews in the Analysis & Exploration stage, designing and printing the media developed in the Design & Construction stage, and conducting media validity tests in the Evaluation & Reflection stage. The results obtained in the media validity test were 95.2% (Very Feasible), material validity test 82.6% (Very Feasible), and user validation by two counseling teachers 96% and 88% (Very Feasible). Thus, this kokami card is very worth to be used in Teams Games Tournament learning to increase knowledge about sexual violence for junior high school students. This kokami card media consists of question and answer cards, envelopes, instructions for use, and boxes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si, Kons. ; 2). Prof. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: R. Isro' Amalia Yupar Saputra .
Date Deposited: 19 Feb 2024 23:36
Last Modified: 19 Feb 2024 23:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44982

Actions (login required)

View Item View Item