PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU DAERAH BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

CITRA TRIE AMALIA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU DAERAH BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran lagu daerah berbasis articulate storyline merupakan sebuah media pembelajaran interaktif yang memuat materi hakikat lagu daerah dan ragam lagu daerah Indonesia pada muatan pelajaran seni musik kelas 4 sekolah dasar. Pengembangan media bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat menumbuhkan cinta tanah air pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hanafin dan Peck yang terdiri dari tahap Analisis Kebutuhan, Desain, serta Pengembangan dan Implementasi yang mana pada semua tahapan melibatkan proses evaluasi dan revisi. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas 4 SDN Menteng 02 Jakarta. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen wawancara guru dan siswa, kuesioner cinta tanah air siswa, instrumen validasi ahli (expert review) untuk ahli media, materi dan bahasa, serta kuesioner uji coba pengguna one to one, small group, dan field test. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lagu daerah berbasis articulate storyline yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan valid berdasarkan hasil validasi media dengan persentase sebesar 93,3%, validasi ahli materi sebesar 89,6%, dan validasi ahli bahasa sebesar 100%. Produk “MELADASIA” atau Media Lagu Daerah Indonesia yang dikembangkan berhasil menumbuhkan cinta tanah air pada siswa kelas IV SD berdasarkan hasil perbandingan sebaran kuesioner cinta tanah air sebelum dan sesudah menggunakan media. Terdapat peningkatan pada rentang kategori baik hingga sangat baik sebesar 60,7% dari hasil selisih antara data analisis kebutuhan sebesar 28,6% dan hasil uji coba field test sebesar 89,3%. ********** Articulate storyline-based folk song learning media is an interactive learning media that contains material on the nature of folk songs and a variety of Indonesian folk songs in the content of 4th grade music lessons. Media development aims to produce a learning media that can foster love for the country in students. This research is a development research with the Hanafin and Peck development model which consists of the stages of Needs Analysis, Design, and Development and Implementation which at all stages involve the process of evaluation and revision. The research subjects consisted of 28 4th grade students of SDN Menteng 02 Jakarta. The research instruments consisted of teacher and student interview instruments, student patriotism questionnaires, expert validation instruments for media, material and language experts, as well as one to one, small group, and field test questionnaires. The research results were analyzed quantitatively and qualitatively. The results showed that the articulate storyline-based folk song learning media developed was declared very feasible and valid based on the results of media validation with a percentage of 93.3%, material expert validation of 89.6%, and language expert validation of 100%. The product "MELADASIA" or Media Lagu Daerah Indonesia developed succeeded in fostering love for the country in grade IV elementary school students based on the results of the comparison of the distribution of the questionnaire of love for the country before and after using the media. There was an increase in the good to very good category range of 60.7% from the difference between the needs analysis data or 28.6% and the field test results of 89.3%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Waluyo Hadi, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Ika Lestari, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Seni Musik > Musik
Seni Musik > Jenis, Aliran Musik
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21701 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:04
Last Modified: 22 Feb 2024 00:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45003

Actions (login required)

View Item View Item