MUHAMMAD RAIHAN FAWWAZ, . (2024) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SMP LABSCHOOL KEBAYORAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (566kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Mutu Pendidikan di SMP Labschool Kebayoran. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mutu pendidikan di SMP Labschool Kebayoran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi dan perekaman data. Informan terdiri dari: Kepala Sekolah, Guru yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah atau TPMPS, serta Wakil Kepala Bidang Akademik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan mutu pendidikan, SMP Labschool Kebayoran telah membuat perencanaan peningkatan mutu dengan membuat analisis awal perencanaan. Perencanaan dilakukan dengan melibatkan banyak pihak seperti guru, pimpinan, serta TPMPS yang telah dibentuk. Analisis yang dilakukan seperti melihat rapor mutu pada tahun sebelumnya, yang memuat informasi terkait dengan capaian SNP yang meliputi indikator serta sub indikator yang didapatkan oleh SMP Labschool Kebayoran. (2) Pelaksanaan mutu pendidikan di SMP Labschool Kebayoran telah melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan di tahap perencanaan sebagai bentuk tindak lanjut. Dalam pelaksanaannya koordinator bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan agar tetap terarah sesuai dengan perencanaan yang sudah dilakukan. (3 dalam evaluasi mutu pendidikan, SMP Labshool Kebayoran melakukan evaluasi secara berkala. Namun penggunaan evaluasi sendiri sudah dilakukan sedari tahap perencanaan mengingat hasil evaluasi yang akan dijadikan bahan untuk perencanaan. Evaluasi sendiri melihat indikator yang sudah ada pada rapor pendidikan yang mana juga melihat pada standar acuan lain seperti standar nasional pendidikan. Kata-kata kunci: Manajemen, Mutu, Penjaminan Mutu, Standar Nasional Pendidikan, SPMI ***** This research aims to describe the Quality Management of Education at SMP Labschool Kebayoran. The focus of the study is on the planning, implementation, and evaluation of quality management in SMP Labschool Kebayoran. The research employs a qualitative approach with a descriptive method. Data collection is conducted through observation, interviews, as well as documentation study and data recording. Informants include the School Principal, Teachers who also serve as the Head of the School Quality Assurance Team (TPMPS), and the Vice Principal for Academic Affairs. The findings of this research indicate that: (1) Educational quality management planning at SMP Labschool Kebayoran involves creating plans for quality improvement through initial planning analysis. Planning is conducted with the involvement of various parties such as teachers, leadership, and the established TPMPS. The analysis includes reviewing the quality report from the previous year, which contains information related to the achievement of National Standards for School (SNP) indicators and sub-indicators obtained by SMP Labschool Kebayoran. (2) The implementation of educational quality management at SMP Labschool Kebayoran involves carrying out planned activities from the planning stage as a follow-up measure. During implementation, the coordinator is responsible for ensuring that activities proceed in a directed manner according to the established plan. (3) In the evaluation of educational quality management, SMP Labschool Kebayoran conducts periodic evaluations. However, the use of evaluation is initiated from the planning stage, considering that the evaluation results will be used as material for planning. The evaluation itself examines indicators present in the education report, also considering other reference standards such as national education standards. Keywords: Management, Quality, Quality Assurance, National Education Standards, SPMI
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Siti Zulaikha, S.Ag, M. Pd. ; 2.) 5. Dr. Siti Rochanah, M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Manajemen > Manajemen , Business |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 21485 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 00:34 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 00:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45058 |
Actions (login required)
View Item |