SUCI WULANDARI, . (2024) PERBANDINGAN PENDAPATAN COSPLAYER KARAKTER RAIDEN SHOGUN DAN KEQING DALAM GAME GENSHIN IMPACT MELALUI ENDORSE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (556kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) | Request a copy |
Abstract
Cosplay adalah kegiatan individu yang menirukan karakter fiksi yang berasal dari anime, manga, dan game. Cosplay umumnya dilakukan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, meramaikan festival-festival Jepang, dan refreshing. Studi ini dilatarbelakangi oleh pengalaman yang dikemukakan Kameaam, bahwa cosplay dapat menjadi sumber penghasilan. Cosplay, sebagai hobi, bisa menjadi alternatif penghasilan melalui pekerjaan sampingan seperti endorsement. Studi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kuesioner. Studi ini mengambil data dari Cosplayer yang pernah mengcosplaykan karakter Raiden Shogun dan Keqing dari game Genshin Impact dan memperoleh endorse. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pendapatan Cosplayer karakter Raiden Shogun dan Keqing dalam game Genshin Impact melalui endorse. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh cosplay kostum karakter game Genshin Impact, khususnya Raiden Shogun dan Keqing, terhadap jumlah permintaan dan pendapatan Cosplayer melalui endorse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cosplayer menetapkan biaya untuk jasa endorsenya dengan range Rp. 2.500.000 sampai Rp. 5.000.000 per konten berupa foto maupun video. Selain itu, ketika Cosplayer mengcosplaykan karakter Raiden Shogun, mereka memperoleh 16 permintaan endorse, dengan pendapatan sebesar Rp 58.500.000. Sementara itu, ketika mengcosplaykan karakter Keqing, mereka mendapatkan 14 permintaan endorse dengan pendapatan sebesar Rp 50.500.000. Dengan demikian. dapat disimpulkan bahwa dengan meng-cosplay-kan karakter Raiden Shogun cenderung mendatangkan permintaan dan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan meng-cosplay-kan karakter Keqing. ********** Cosplay is an individual activity that imitates fictional characters from anime, manga and games. Cosplay is generally done as a hobby to fill free time, enliven Japanese festivals. and refresh. This study was motivated by the experience expressed by Kameaam, that cosplay can be a source of income. Cosplay, as a hobby, can be an altemative income. through side jobs such as endorsements. This study is qualitative research using a questionnaire method. This study took data from Cosplayers who had cosplayed the characters Raiden Shogun and Keqing from the game Genshin Impact and received endorsements. The purpose of this research is to compare the income from Cosplay characters Raiden Shogun and Keqing in the game Genshin Impact through endorsements. This research also aims to evaluate the influence of cosplay costumes for Genshin Impact game characters, especially Raiden Shogun and Keqing, on the number of requests and income of Cosplayers through endorsements. The results showed that Cosplayers set a fee for their endorsement services with a range of Rp. 2,500,000 to Rp. 5,000,000 per content in the form of photos or videos. In addition, when Cosplayers cosplayed Raiden Shogun, they received 16 endorsement requests, with an income of Rp 58,500,000. Meanwhile, when cosplaying Keqing characters, they get 14 endorsement requests with an income of IDR 50,500,000. Thus, it can be concluded that Raiden Shogun character cosplay tends to bring in higher demand and income compared to Keqing character cosplay.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eky Kusuma Hapsari, M.Hum. 2). Muhammad Ali Hamdi, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 21665 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 05:25 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 01:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45089 |
Actions (login required)
View Item |