EFEKTIVITAS METODE CASE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG MATERI TATA BAHASA DI SMA YADIKA 13 BEKASI

FIKRI SYAROFUDDIN, . (2024) EFEKTIVITAS METODE CASE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG MATERI TATA BAHASA DI SMA YADIKA 13 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fikri Syarofuddin. 2023. Efektivitas Metode Case Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Materi Tata Bahasa di SMA Yadika 13 Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Yadika 13 dalam pelajaran Bahasa Jepang materi tata bahasa dengan menggunakan metode pembelajaran Case Based Learning, juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Case Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Jepang materi tata bahasa. Terdapat berbagai macam permasalahan dalam proses belajar mengajar Bahasa Jepang di SMA Yadika 13 seperti kurang aktifnya siswa saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga menyebabkan proses belajar mengajar yang hanya satu arah, siswa mengalami permasalahan dalam pemahaman bahasa Jepang seperti tata bahasa, kosakata, dan beberapa materi sulit dipahami oleh siswa, dan yang terakhir adalah hasil belajar siswa yang kurang maksimal meskipun sudah dilakukan pemberian materi. Case based Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menghadirkan kasus�kasus nyata yang relevan baik yang terjadi di masa lalu maupun saat ini sebagai bahan pembelajarannya dan mampu membuat proses pembelajaran menjadi aktif karena keterlibatan siswa dalam menyelesaikan kasus yang disajikan. Metode yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan bentuk penelitian Pretest�Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Yadika 13 Bekasi yang terbagi menjadi dua kelas yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Case Based Learning tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Jepang. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis data posttest, kelompok kontrol memiliki rata�rata lebih tinggi 8,1 poin dari kelompok eksperimen. Meskipun demikian, tanggapan mahasiswa mengenai penerapan metode Case Based Learning terbilang baik. Metode pembelajaran Case Based Learning tidak dapat menjadi alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Jepang kelas XI di SMA Yadika 13 Bekasi. Hal ini dikarenakan pelaksanaan penerapan metode pembelajaran Case Based Learning membutuhkan waktu yang panjang dalam satu tatap muka agar tiap proses pada metode ini efektif sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Kata kunci: Case Based Learning, tata bahasa, hasil belajar ********* Fikri Syarofuddin. 2023. Effectiveness of the Case Based Learning Method on Student Learning Outcomes in Japanese Language Subjects, Grammar Material at SMA Yadika 13 Bekasi. Thesis, Japanese Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This study aims to determine the learning achievement of students in XI grade of Yadika 13 High School in Japanese language lessons on grammar material using the Case Based Learning method, also to find out students' responses to the application of the Case Based Learning method in learning Japanese language grammar material. There are various kinds of problems in the Japanese language teaching and learning process at Yadika 13 High School, such as the lack of active students during the teaching and learning process so that it causes a one-way teaching and learning process, students experience problems in understanding Japanese such as grammar, vocabulary, and some material is difficult for students to understand, and student learning achievements are less than optimal despite the provision of material. Case-based learning is a learning method that presents real cases that are relevant both in the past and the present as learning materials and is able to make the learning process active because of student involvement in solving the cases presented. The method used is True Experimental Design with the research form Pretest-Posttest Control Group Design. The sample of this research is the XI grade students of Yadika 13 Bekasi High School which is divided into two classes, XI Social 1 and XI Social 3. The results showed that the application of the Case Based Learning method was not effective in improving learning achievements in Japanese language subjects. This is shown in the results of posttest data analysis, the control group has an average of 8.1 points higher than the experimental group. Nevertheless, students' responses regarding the application of the Case Based Learning method were good. The Case Based Learning learning method cannot be an alternative to be applied in class XI Japanese language learning at SMA Yadika 13 Bekasi. This is because implementing the Case Based Learning learning method requires a long period of face-to-face time so that each process in this method is effective so that the expected results are obtained. Keywords: Case Based Learning, grammar, learning achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum.,M.Ed. ; 2). Ruri Fadhillah Hakim, S.S.,M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 22174 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:39
Last Modified: 28 Feb 2024 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45094

Actions (login required)

View Item View Item