ANALISIS FUNGSI HELLOTALK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

ADELIN OCTAVIANI PUTRI, . (2024) ANALISIS FUNGSI HELLOTALK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi HelloTalk sebagai media pembelajaran bahasa Jepang berdasarkan gabungan teori fungsi media pembelajaran yang dikemukakan oleh Sadiman dan Rowntree. Media merupakan aspek yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Seiring berkembangnya teknologi, media pembelajaran tidak terbatas pada bahan ajar berbentuk cetak karena telah berkembang media pembelajaran berbasis internet yang mudah diakses. HelloTalk mendukung pembelajaran berbagai macam bahasa asing, termasuk bahasa Jepang. Melihat potensi dari aplikasi HelloTalk sebagai media pembelajaran berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, dilakukan penelitian yang ada dalam lingkup pendidikan atau pengajaran bahasa Jepang, khususnya mengenai fungsi media pembelajaran menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah (1) HelloTalk dapat berfungsi sebagai media pembelajaran Bahasa Jepang untuk meningkatkan gairah belajar mahasiswa. (2) HelloTalk dapat berfungsi untuk mendukung pembelajaran agar sesuai minat dan bakat mahasiswa. (3) HelloTalk dapat berfungsi untuk mengatasi sikap pasif peserta didik. (4) HelloTalk dapat berfungsi untuk memberikan rangsangan yang sama terhadap pembelajaran. (5) HelloTalk dapat berfungsi untuk menyamakan pengalaman dan persepsi mahasiswa terhadap isi pembelajaran. (6) HelloTalk tidak dapat berfungsi sebagai media pembelajaran untuk memberikan umpan balik dengan segera. (7) HelloTalk dapat berfungsi untuk menggalakkan latihan yang serasi, terutama dalam menggalakkan latihan berbicara, membaca dan menulis. ********* This study aims to identify how HelloTalk functions as learning media for Japanese language based on combined theory of learning media functions proposed by Sadiman and Rowntree. Learning media is a crucial aspect for learning process. As technology develops, learning media isn’t limited to learning material such as textbooks due to the development of internet based learning medias which are easy to access. HelloTalk supports the learning process of various languages including Japanese. Based on several studies about HelloTalk potential as learning media, this research was conducted within the scope of Japanese education or teaching, particularly regarding the function of learning media using descriptive analysis methods. Data was collected through questionnaire and literature reviews. Following the research, it was concluded that (1) HelloTalk can function as Japanese learning media to improve student’s learning motivation. (2) HelloTalk can function to support learning process driven by student’s interest and skill. (3) HelloTalk can function to overcome student’s passivity. (4) HelloTalk can function to provide students equal stimulation towards learning process. (5) HelloTalk can function to provide students equal learning experience and perceptions towards learning. (6) HelloTalk is incapable or giving immediate feedbacks as learning media. (7) HelloTalk can function to accommodate suitable learning exercises, particularly for speaking, reading and writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Poppy Rahayu, M.Pd. ; 2). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 21660 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:58
Last Modified: 28 Feb 2024 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45095

Actions (login required)

View Item View Item