SARAH CHRISTIANI DANINGRUM PRASODJO, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK HURUF (BAHU) DI SLB NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Balok Huruf (BaHu) pada peserta didik hambatan intelektual kelas VI SD di SLB Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan yang sama. Hasil penelitian membaca permulaan dengan menggunakan media Balok Huruf (BaHu) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik hambatan intelektual tingkat sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perbedaan pada tindakan I, yaitu 0,65 sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan awal dan setelah diberi tindakan I, sehingga dilaksanakan tindakan selanjutnya. Pada tindakan II mendapatkan hasil uji perbedaan pada tindakan II yaitu 1,69 sehingga terlihat adanya perbedaan yang signifikan saat diberikan Tindakan I dan setelah diberikan tindakan II. Dengan meningkatnya hasil kemampuan membaca peserta didik hambatan intelektual, dapat dikatakan penggunaan media Balok Huruf (BaHu) bagi peserta didik hambatan intelektual kelas VI SD di SLB Negeri 7 Jakarta dapat meningkat. ***** This research aims to improve initial reading skills using Block Letters (BaHu) media for students with intellectual disabilities in class VI elementary school at SLB Negeri 7 Jakarta. This research is Classroom Action Research with four stages in each cycle, namely planning, action, observation and reflection. The research was carried out in two cycles with the same stages. The results of research on beginning reading using Letter Block (BaHu) media can improve the beginning reading ability of students with intellectual disabilities at elementary school level. This can be seen from the results of the difference test in action I, which is 0.65 so there is no significant difference between the initial ability results and after being given action I, so the next action is carried out. In action II, the difference test result in action II was 1.69, so it was seen that there was a significant difference when given action I and after action II was given. With the increasing reading ability results of students with intellectual disabilities, it can be said that the use of Letter Blocks (BaHu) media for students with intellectual disabilities in class VI elementary school at SLB Negeri 7 Jakarta can increase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21864 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 23:51 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 23:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45119 |
Actions (login required)
View Item |