THE REPRESENTATION OF ECO-FASHION IN EVERLANE’S INSTAGRAM POSTS

AUGTAFANI HENDARDIASTUTI, . (2024) THE REPRESENTATION OF ECO-FASHION IN EVERLANE’S INSTAGRAM POSTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK******** Meningkatnya kesadaran akan dampak sosial dan lingkungan dari industri fesyen, terutama peningkatan emisi karbon global akibat proses produksi yang cepat di industri ini telah menyadarkan akan pentingnya keberlanjutan. Di mana, brand-brand fesyen telah memasukkan sistem dan konsep ‘green’ dalam proses produksi mereka. Untuk mengkomunikasikan kemajuan ramah lingkungan dari brand-brand tersebut kepada audiens, mereka menggunakan platform digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sebagai salah satu dari sekian banyak media yang digunakan, Instagram merupakan salah satu media yang umum digunakan oleh brand. Bentuk komunikasi yang mereka lakukan adalah kampanye hijau melalui postingan Instagram. Contohnya adalah Everlane, sebuah brand eco-fashion asal Amerika yang berfokus pada keberlanjutan. Untuk menganalisis isu tersebut, penelitian ini dilakukan. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis pemanfaatan elemen tekstual dan visual yang digunakan oleh Everlane dalam unggahan Instagram mereka terkait kampanye ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai representasi eco-fashion dengan menggunakan teori Transitivity System oleh Halliday dan teori Social Semiotics oleh van Leeuwen. Penelitian ini menemukan bahwa Everlane secara dominan menggunakan teks dalam bentuk gambar untuk mengkomunikasikan kampanye ramah lingkungan mereka. Penggunaan elemen visual, seperti warna, ilustrasi, dan foto, hanya ditambahkan sebagai aspek sekunder untuk mendukung pesan yang ingin disampaikan. *******ABSTRACT********* The increase of awareness on the social and environmental impact of the fashion industry, especially of the rise of global carbon emissions due to the industry’s rapid production process has brought light to the importance of sustainability. In which, fashion brands have incorporated the system and concept of being ‘green’ throughout their production process. In order to communicate brands' green progress to the audience, they used digital platforms to reach larger audiences. As one of the many media that are used, Instagram is one of the media that are commonly used by brands. A form of communication that they do is a green campaign through Instagram posts. An example of this is Everlane, an American eco-fashion brand that focuses on sustainability. In order to analyze the issue, this study was conducted. It focused on analyzing the utilization of textual and visual elements used by Everlane in their Instagram posts regarding the green campaigns. This study applied a qualitative approach to obtain in-depth insight into the representation of eco-fashion using Halliday’s Transitivity System and van Leeuwen’s Social Semiotics theory. This study found that Everlane had dominantly used texts in the form of images to communicate their green campaigns. The utilization of visual elements, such as colors, illustrations, and photos, were only added as a secondary aspect to support the message that is being delivered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Diyantari, M.App.Ling 2) Nurrahma Restia F, M.Li
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 21822 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:42
Last Modified: 29 Feb 2024 03:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45149

Actions (login required)

View Item View Item