AMBIGUITAS JUDUL BERITA DALAM PORTAL MEDIA ONLINE INIJABAR EDISI JANUARI-JUNI 2023: KAJIAN SEMANTIK

IVORY AYEISHA NAMIRA, . (2024) AMBIGUITAS JUDUL BERITA DALAM PORTAL MEDIA ONLINE INIJABAR EDISI JANUARI-JUNI 2023: KAJIAN SEMANTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

******ABSTRAK****** Ivory Ayeisha Namira. Ambiguitas Judul Berita dalam Portal Media Online Inijabar Edisi Januari-Juni 2023. Skripsi. Jakarta: Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Januari 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang ambiguitas yang terdapat pada judul berita dalam portal media online Inijabar edisi Januari-Juni 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah jenis dan struktur ambiguitas yang terdapat dalam judul berita portal media online Inijabar.com. Objek penelitian ini adalah portal media online Inijabar.com dan instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengumpulan data dan mengidentifikasi jenis makna dan struktur ambiguitas ke dalam tabel analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 35 judul berita yang mengandung jenis makna dan struktur ambiguitas. Jenis makna ambiguitas yang ditemukan paling banyak meliputi makna kontekstual sebanyak 13 data (37,14%), gramatikal sebanyak 11 data (31,42%), dan idiomatikal sebanyak 6 data (17,14%). Sementara itu, struktur ambiguitas yang paling banyak ditemukan adalah ambiguitas leksikal dengan 19 data (54,28%), yang terbagi menjadi polisemi sebanyak 9 data (25,71%) dan homonim dengan 10 data (28,57%). Sementara itu, pada urutan kedua adalah ambiguitas gramatikal dengan 14 data (40%), yang terbagi lagi berdasarkan pembentukan kata sebanyak 2 data (5,71%), frasa yang mirip sebanyak 10 data (28,57%), dan konteks dengan 2 data (28,575%). Lalu pada urutan terakhir adalah ambiguitas fonetik dengan 2 data (5,71%). Kata Kunci: Ambiguitas, Judul, Berita, Semantik *********ABSTRACT***** Ivory Ayeisha Namira. The Ambiguity of News Headlines in Inijabar Online Media Portal in The January to June 2023 Edition. Thesis. Jakarta: Indonesian Literature Study Program. Faculty of Language and Arts. State University of Jakarta. January 2024. This study aims to describe and obtain information about the ambiguity found in news headlines on Inijabar online media portal from January to June 2023 edition. The method used in this research is descriptive qualitative. The focus of this research is the form as well as the meaning of ambiguity contained in the headlines of the online media portal Inijabar.com. The object of this research is the online media portal Inijabar.com and the instrument in this research is the researcher himself. The data analysis technique performed is by collecting data and identifying the form of meaning and structural ambiguity into the analysis table. The results of this research show that there are 36 news headlines that contain forms of meaning and structural ambiguity. The most found type of ambiguity meaning is contextual meaning with 13 data (37.14%), grammatical meaning with 11 data (31.42%), and idiomatic meaning with 6 data (17.14%). Meanwhile, the most frequently found ambiguity structure is lexical ambiguity which consists of 19 data (54.28%) and divided into polysemy as much as 9 data (25.71%) and homonym as many as 10 data (28.57%). Then, in second place is grammatical ambiguity with 14 data (40%), which is further divided based grammatical formation of words by 2 data (5.71%), similar phrases by 10 data (28.57%), and context by 2 data (28.575%). Then in the last order is phonetic ambiguity with 2 data (5.71%). Keywords: Ambiguity, Headline, News, Semantic

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Asisda Wahyu Asri Putradi, M. Hum. 2) Dr. Asep Supriyana, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 21222 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:25
Last Modified: 29 Feb 2024 04:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45155

Actions (login required)

View Item View Item