PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DENGAN VARIABEL MEDIASI BUSINESS CREATIVITY (STUDI SEKTOR EKONOMI KREATIF DI DKI JAKARTA)

MAHDA RIDA AULIA, . (2024) PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DENGAN VARIABEL MEDIASI BUSINESS CREATIVITY (STUDI SEKTOR EKONOMI KREATIF DI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial technology, digital marketing, dan business creativity dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada sektor ekonomi kreatif di wilayah DKI Jakarta. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan responden yang sesuai dengan kriteria dalam penelitian. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 380 responden yang merupakan para pelaku UMKM di wilayah DKI Jakarta dan sudah memiliki usaha minimal satu tahun. Pengumpulan data menggunakan media kuesioner elektronik dengan enam alternatif jawaban pada skala likert. Software Statistic Program of Social Science (SPSS) versi 23 dan Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 24 digunakan sebagai alat bantu statistik dalam mengolah data dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa financial technology memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM, digital marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM, dan business creativity memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM. Kata Kunci: Financial Technology, Digital Marketing, Business Creativity, Pengembangan UMKM. ********* This research aims to determine the effect of financial technology, digital marketing, and business creativity in the development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the creative economy sector in the DKI Jakarta area. The method applied in this research is a quantitative method with sampling using techniques purposive sampling to get respondents who match the criteria in the research. The total number of respondents in this study was 380 respondents who were MSMEs in the DKI Jakarta area and had owned a business for at least one year. Data collection uses an electronic questionnaire with six alternative answers on the scale likert. Software Statistic Program of Social Science (SPSS) version 23 and Analysis of Moment Structure (AMOS) version 24 is used as a statistical tool in processing data in research. The results of this research show that financial technology has a positive and significant influence on the development of MSMEs, digital marketing has a positive and significant influence on the development of MSMEs, and business creativity has a positive but not significant influence on the development of MSMEs. Keywords: Financial Technology, Digital Marketing, Business Creativity, MSME Development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suparno, S.Pd.,M.Pd ; 2). Annisa Lutfia, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 22187 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2024 23:16
Last Modified: 07 Mar 2024 23:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45237

Actions (login required)

View Item View Item