PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK TERHADAP KETERAMPILAN MENDEMONSTRASIKAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 105 JAKARTA

SHELDY ARDYA PRAMANDA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK TERHADAP KETERAMPILAN MENDEMONSTRASIKAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 105 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*******ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran TikTok dalam keterampilan mendemonstrasikan drama siswa kelas XI SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen, dan desain eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 105 Jakarta yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPS B sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA C sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes praktik mendemonstrasikan drama. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0.05. Berdasarkan hipotesis kriteria yang digunakan untuk menentukan asumsi yaitu apabila nilai Sig. (2-tailed) ≤ 0.05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, apabila nilai Sig. (2-tailed) ≥ 0.05 maka H_0 diterima dan H_1 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) (0,000 ≤ 0.05) dengan keputusan H_0 ditolak dan H_1 diterima. Ada pun uji hipotesis juga dilakukan dengan menggunakan hitung manual dengan kriteria yang digunakan untuk menentukan asumsi yaitu apabila nilai t_hit ≤ t_tab maka H_0 diterima dan H_1 ditolak, apabila nilai t_hit ≥ t_tab maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai t_hit ≥ t_tab (11.652 ≥ 1.677) dengan keputusan H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media TikTok terhadap keterampilan mendemonstrasikan drama peserta didik kelas XI SMA Negeri 105 Jakarta. Kata Kunci: Keterampilan Mendemonstrasikan Drama, Media Pembelajaran, TikTok. ******ABSTRACT***** This study aims to determine whether there is an effect of using TikTok learning media in the drama demonstration skills of grade XI students of SMA Negeri 105 Jakarta. This research uses a quantitative approach, with experimental methods, and the experimental design is Quasi Experimental Design with the type of Nonequivalent Control Group Design. The population in this study was class XI SMA Negeri 105 Jakarta which consisted of seven classes. The sample of this study used two classes, namely XI IPS B class of 25 students as an experimental class and XI MIPA C class of 25 students as a control class determined using Convenience Sampling technique. The instrument used in this study was a drama demonstration practice test. Hypothesis testing was carried out using the Paired Sample T-Test test with a significance level of 5% or 0.05. Based on the hypothesis, the criteria used to determine the assumption is if the Sig value. (2-tailed) ≤ 0.05 then H_0 is rejected and H_1 is accepted, if the Sig value. (2-tailed) ≥ 0.05 then H_0 is accepted and H_1 is rejected. Based on the calculation results, the value of Sig. (2-tailed) (0.000 ≤ 0.05) with the decision H_0 rejected and H_1 accepted. There is also a hypothesis test also carried out using manual calculation with the criteria used to determine the assumption, namely if the t_hit value ≤ t_tab then H_0 is accepted and H_1 is rejected, if the t_hit value ≥ t_tab then H_0 is rejected and H_1 is accepted. Based on the calculation results, the value of t_hit ≥ t_tab (11.652 ≥ 1.677) is obtained with the decision H_0 rejected and H_1 accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant effect of TikTok media on the drama demonstration skills of class XI students of SMA Negeri 105 Jakarta. Keyword: Drama Demonstration Skills, Learning Media, TikTok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Edi Puryanto, M.Pd. 2) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 21894 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:20
Last Modified: 05 Mar 2024 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45239

Actions (login required)

View Item View Item