PENGGUNAAN PLECO DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA MANDARIN DI SMA NEGERI 64 JAKARTA

SIFA WARDANI RAYUDDIN, . (2024) PENGGUNAAN PLECO DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA MANDARIN DI SMA NEGERI 64 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengatasi suatu kesulitan dalam pembelajaran kosakata dan keterampilan menulis bahasa Mandarin dibutuhkan suatu perantara berupa media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran berbasis aplikasi digital yang banyak digunakan untuk mempelajari bahasa Mandarin adalah aplikasi Pleco. Saat melaksanakan Praktik Keterampilan Mengajar di SMA Negeri 64 Jakarta, peneliti menggunakan Pleco untuk membantu peserta didik memahami kosakata bahasa Mandarin dan menulis aksara Han beserta urutan guratannya dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan penggunaan Pleco dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada Praktik Keterampilan Mengajar di SMA Negeri 64 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kondisi peserta didik kelas XI dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kegiatan PKM di SMA Negeri 64 Jakarta pada tahun ajaran 2022/2023. Data observasi dalam penelitian ini mencakup kondisi peserta didik kelas XI saat menggunakan Pleco dalam pembelajaran kosakata dan keterampilan menulis bahasa Mandarin. Peneliti menggunakan paparan Smaldino dkk dalam penyusunan tabel observasi terkait perencanaan penggunaan aplikasi Pleco dalam pembelajaran bahasa Mandarin dan paparan Anwar dkk dalam penyusunan tabel observasi terkait pelaksanaan penggunaan aplikasi Pleco dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perencanaan penggunaan Pleco mencakupi langkah-langkah perencanaan yang ditulis berdasarkan model ASSURE. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa pelaksanaan penggunaan Pleco mencakupi 4 tahap yang ditulis berdasarkan paparan dari Anwar dkk, yaitu persiapan, penyajian, penerapan, dan tindak lanjut. Kata Kunci: media pembelajaran, Pleco, pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin, praktik keterampilan mengajar ************* To overcome the difficulty in learning vocabulary and writing skills of Han characters, an intermediary in the form of learning media is needed. One of the digital application-based learning media that is widely used to learn Chinese is the Pleco application. When carrying out Teaching Skills Practices at SMA Negeri 64 Jakarta, researchers used Pleco to help students understand Chinese vocabulary and write Han characters along with the correct stroke order. The purpose of this research is to describe the planning and implementation of the use of Pleco in Chinese language learning in Teaching Skills Practice at SMA Negeri 64 Jakarta. This research is a descriptive qualitative research with observation methods. The source of data in this research is the condition of grade XI students in learning Chinese in PKM activities at SMA Negeri 64 Jakarta in the 2022/2023 academic year. The observation data in this research includes the condition of class XI students when using Pleco in vocabulary learning and writing skills. The researcher used the description of Smaldino et al’s in preparing the observation table related to the planning of using the Pleco application in Chinese language learning and Anwar et al's description in preparing the observation table related to the implementation of using the Pleco application in Chinese language learning. The results of this research showed that while using Pleco, students are able to understand various Chinese vocabulary and Han characters taught, are able to write Han characters along with the sequence of strokes correctly, and are able to do practice questions related to Chinese vocabulary and Han characters taught. Keywords: learning media, Pleco, Chinese vocabulary learning, Chinese writing skills learning, teaching skills practice

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Andriani, S.S.,M.TCSOL. ; 2). Rizky Wardhani, S.S.,M.Pd.,M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 22214 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:49
Last Modified: 25 Mar 2024 00:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45297

Actions (login required)

View Item View Item