ANUGRAH, . (2021) IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM PADA MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN DARING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Teknologi Pendidikan sebagai salah satu ilmu terapan yang berfokus pada pemecahan masalah belajar pun membekali peserta didiknya untuk menjadi praktisi pendidikan yang memiliki kompetensi untuk mendesain belajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana pelaksanaan flipped classroom pada mata kuliah Desain Pembelajaran Daring di Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Dengan mengacu pada sepuluh standar pembelajaran dari menurut AECT, peneliti menggunakan metode deskriptif. Teknik penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kelas mata kuliah Desain Pembelajaran Daring di Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian membuktikan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan flipped classroom pada mata kuliah Desain Pembelajaran Daring sudah memenuhi sepuluh standar pembelajaran dan memberikan kepuasan bagi mahasiswa maupun dosen pengampu. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi pun tak perlu muluk, dengan mengoptimalkan platform yang sering dipakai dalam keseharian pembelajaran tetap bisa dilaksanakan dengan efektif. Kata kunci: standar pembelajaran, Covid-19, Teknologi Pendidikan, Flipped Classroom ABSTRACT Educational technology as one of the applied sciences which focus on solving learning issues equip the students to be an education practitioner who have the competence to design online learning. This research aimed to describe the implementation of the flipped classroom in E-Learning Design courses at the Master of Educational Technology, Postgraduate Program, State University of Jakarta. Referring to the learning standards of AECT, the researchers used descriptive qualitative methods. The techniques of collecting data were observation, interviews, and questionnaires to all students who took E-Learning Design courses at the Master of Educational Technology, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta. The research results proved that learning during the Covid-19 pandemic using flipped classrooms in the E-Learning Design course has met ten online learning standards and provides satisfaction for students and lecturers. The use of technology does not need to be grandiose. Accordingly, it should optimize the platform often used on daily basis to utilize the flipped classroom. Keywords: AECT standards, Covid-19, Educational Technology, Flipped Classroom
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd.; 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 22242 not found. |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45322 |
Actions (login required)
View Item |