PENGARUH BIAYA KEAGENAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS KOMPAS100 PERIODE 2016-2021

SAS RIFKY NAMULFAQI ROHIM, . (2024) PENGARUH BIAYA KEAGENAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS KOMPAS100 PERIODE 2016-2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya keagenan terhadap kinerja perusahaan. Metode data panel unbalanced, yaitu model fixed-effect dan random-effect, digunakan untuk melihat hubungan biaya keagenan dan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari laporan tahunan yang dipublikasikan 44 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Kompas100, Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya keagenan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Temuan pada penelitian ini memberikan bukti dalam mendukung asumsi teori keagenan yang menjelaskan hubungan negatif antara biaya keagenan dan kinerja perusahaan. Perusahaan dengan biaya keagenan yang tinggi cenderung menurunkan kinerja suatu perusahaan. Dalam memitigasi dampak ini maka diperlukan mekanisme tata kelola perusahaan yang kuat, mekanisme pelaporan yang transparan, dan penyelarasan insentif untuk memastikan bahwa tindakan manajerial selaras dengan kepentingan terbaik perusahaan dan pemegang sahamnya. The purpose of this paper is to investigate the effect of agency cost on firm performance. An unbalanced panel data method, namely a fixed-effect and random-effect regression model, was used to evaluate the relationship between agency cost and firm performance. This investigation uses secondary data collected from published annual reports of 44 firms listed on the Kompas100 Index, Indonesian Stock Exchange (IDX) during 2016-2021. Empirical result shows that agency cost has a negative and significant impact on firm performance. The findings in this study provide evidence to support the assumptions of agency theory which explains the negative relationship between agency costs and company performance. Companies with a high agency cost tend to reduce the performance of a firm. Mitigating this impact requires strong corporate governance mechanisms, transparent reporting mechanisms, and alignment of incentives to ensure that managerial actions are in line with the best interests of the company and its shareholders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Suherman, S.E., M.Si 2. Destria Kurnianti, S.E., M.Sc
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Sas Rifky Namulfaqi Rohim .
Date Deposited: 13 May 2024 01:10
Last Modified: 13 May 2024 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45327

Actions (login required)

View Item View Item