ELSA EKA PUTRI NURDIANA, . (2024) FAKTOR-FAKTOR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RABBANI YANG MEMPENGARUHI BRAND IMAGE RABBANI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh Rabbani dalam melakukan kegiatan pemasaran dan membangun komunikasinya dengan konsumen. Namun pada tanggal 25 Desember 2022 Rabbani mengunggah konten yang membahas tentang topik pelecehan seksual dan mendapat respon yang beragam. Konten ini menjadi viral dan komentar negatif tentang konten tersebut menjadi semakin banyak diberikan publik. Penelitian ini menggunakana konsep komunikasi pemasaran dan merek. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel media sosial (X) dan variabel brand image (Y). Variabel media sosial (X) dalam penelitian ini terdiri dari empat dimensi yaitu, presentasi diri (self presentation), keterbukaan diri (self disclosure) dan kekayaan media (media richness). Sadangkan variabel brand image (Y) terdiri dari tiga dimensi yaitu, kekuatan asosiasi merek (strenght of brand associations), keunggulan asosiasi merek (favorability of brand associations), dan keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand associations). Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Penelitian ini berjenis eksplanatif. Populasi pada penelitian ini adalah akun Instagram yang menekan likes pada konten Instagram @rabbaniprofesorkerudung tentang pelecehan seksual yang diunggah pada 25 Desember 2022. Populasi pada penelitian ini berjumlah 4.479 akun Instagram. Untuk mengukur jumlah sampel, penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan sejumlah 98 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial media sosial Instagram Rabbani pada konten tentang pelecehan seksual berjudul Re-arise yang diunggah pada 25 Desember 2022 memiliki konten dengan suara yang jelas, tampilan visual menarik, dan dilengkapi dengan penampilan produk asli Rabbani dalam konten yang dibagikan. Kemudian diketahui bahwa brand image Rabbani versi konten tentang pelecehan seksual berjudul Re-arise yang diunggah pada 25 Desember 2022 di akun Instagram @rabbaniprofesorkerudung menunjukkan bahwa Rabbani memiliki posisi yang kuat dalam ingatan netizen sebagai brand busana muslim yang menyajikan informasi produk serta edukasi secara konsisten dan memberikan informasi yang relevan sesuai kebutuhan audiensnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media sosial Instagram Rabbani pada konten tentang pelecehan seksual berjudul Re-arise yang diunggah pada 25 Desember 2022 di akun Instagram @rabbaniprofesorkerudung mampu memberikan banyak informasi tentang pelecehan seksual kepada netizen dan memiliki jenis konten yang lengkap meliputi gambar, suara, klip video, dan teks pada konten tersebut sehingga dapat dikatakan sebagai situs media kaya. ii Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat diketahui bahwa kekayaan media menjadi faktor media sosial Instagram Rabbani yang paling mempengaruhi brand image Rabbani versi konten tentang pelecehan seksual berjudul Re-arise yang diunggah pada 25 Desember 2022 di akun Instagram @rabbaniprofesorkerudung, namun faktor lain seperti presentasi diri dan kehadiran sosial belum terlihat. Oleh karena itu penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat berfokus pada presentasi diri dan kehadiran sosial dari brand Rabbani sehingga dapat diketahui presentasi diri dan kehadiran sosial seperti apa yang diharapkan konsumen. ***** Instagram social media is one of the social media utilized by Rabbani in conducting marketing activities and building communication with consumers. However, on December 25, 2022 Rabbani uploaded content that discussed the topic of sexual harassment and received mixed responses. This content went viral and negative comments about the content became increasingly public. This research uses the concept of marketing communication and brand. This study has two variables, namely social media variables (X) and brand image variables (Y). The social media variable (X) in this study consists of four dimensions, namely, self presentation, self disclosure and media richness. While the brand image variable (Y) consists of three dimensions, namely, the strength of brand associations, the favorability of brand associations, and the uniqueness of brand associations. The results of this study show that Rabbani's Instagram social media on content about sexual harassment entitled Re-arise uploaded on 25 December 2022 has content with a clear voice, attractive visual appearance, and is complemented by the appearance of Rabbani's original products in the shared content. Then it is known that the content version of Rabbani's brand image about sexual harassment entitled Re-arise uploaded on 25 December 2022 on the Instagram account @rabbaniprofesorkerudung shows that Rabbani has a strong position in the minds of netizens as a Muslim fashion brand that presents product information and education consistently and provides relevant information according to the needs of its audience. Based on the results of the study, it is known that Rabbani's Instagram social media on content about sexual harassment entitled Re-arise uploaded on 25 December 2022 on the Instagram account @rabbaniprofesorkerudung is able to provide a lot of information about sexual harassment to netizens and has a complete type of content including images, sound, video clips, and text on the content so that it can be said to be a rich media site. The conclusion of this study is that it is known that media richness is the factor of Rabbani's Instagram social media that most influences Rabbani's brand image in the version of content about sexual harassment entitled Re-arise uploaded on 25 December 2022 on the @rabbaniprofesorkerudung Instagram account, but other factors such as self-presentation and social presence have not been seen. Therefore, future research is expected to focus on the self-presentation and social presence of the Rabbani brand so that it can be known what kind of self presentation and social presence consumers expect Social Media Instagram Factors of Rabbani that Affect Brand Image of Rabbani.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kinkin Yuliaty SP, M.Si., CICS. 2). Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si, CPR |
Subjects: | Ilmu Sosial > Transportasi Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 22301 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2024 04:33 |
Last Modified: | 31 May 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45378 |
Actions (login required)
View Item |