STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @gen_sindo DALAM MENARIK MINAT GENERASI MUDA

FANI REZEKIANAH, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @gen_sindo DALAM MENARIK MINAT GENERASI MUDA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi komunikasi yang digunakan oleh Gensindo dalam menarik minat dari generasi muda melalui penyajian kontennya. Penelitian ini model teori The Cilcular Model Of Some dari Regina Luttrell yang terdiri dari 4 tahapan. Tahapan yang dimaksud adalah tahapan dari share, optimize, manage, hingga engange yang mengarahkan penulis kepada jawaban dari fenomena yang diangkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap share Gensindo menargetkan audiens di usia 18-25 tahun. Tahap optimize Gensindo tetap melakukan pengecekan likes dan comment untuk mengetahui konten yang disukai oleh generasi muda. Pada tahap manage melakukan proses monitoring dan evaluasi untuk memantau reachment dari audiens dan Gensindo tidak melakukan penjadwalan untuk proses unggah konten di jam yang tepat. Tahap engange Gensindo tidak menggunakan tokoh publik dalam pengelolaan konten Instagram @gen_sindo. Namun Gensindo sendiri tidak memiliki strategi khusus yang digunakan untuk menjangkau generasi muda. Faktor-faktor inilah yang memunculkan sebuah fenomena yang dapat diteliti oleh penulis agar ditemukan sebuah solusi yang baik bagi Gensindo untuk mengatasi ketertinggalan proses komunikasi dengan generasi muda saat ini. Kesimpulan dari penelitian ini adanya proses interaksi antara akun Instagram @gen_sindo dengan audiens jarang dilakukan dan konten-konten yang disajikannya pun monoton sehingga tidak memiliki feedback dari generasi muda. Kata Kunci : Generasi muda; Instagram; Strategi komunikasi ********** ABSTRACT This research aims to find out how the communication strategy process used by Gensindo in attracting interest from the younger generation through the presentation of its content. This research models Regina Luttrell's The Cilcular Model Of Some theory which consists of 4 stages. The stages in question are the stages from share, optimize, manage, to engage which leads the author to the answer to the phenomenon raised. The research method used is descriptive qualitative by conducting interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that at the share stage Gensindo targets audiences aged 18-25 years. At the optimize stage, Gensindo still checks likes and comments to find out which content is liked by the younger generation. At the manage stage, Gensindo conducts a monitoring and evaluation process to monitor the reach of the audience and Gensindo does not schedule the content upload process at the right time. At the engage stage, Gensindo does not use public figures in managing @gen_sindo Instagram content. However, Gensindo itself does not have a specific strategy used to reach the younger generation. These factors give rise to a phenomenon that can be researched by the author so that a good solution can be found for Gensindo to overcome the lag in the communication process with today's younger generation. The conclusion of this research is that the interaction process between the @gen_sindo Instagram account and the audience is rarely carried out and the content presented is monotonous so that it does not have feedback from the younger generation. Keywords: Young generation; Instagram; Communication strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fani Rezekianah .
Date Deposited: 04 Jun 2024 00:49
Last Modified: 04 Jun 2024 00:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45409

Actions (login required)

View Item View Item