PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI MINDSET BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SUKARJA, . (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI MINDSET BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pengetahuan kewirausahaan, mindset berwirausaha, dan penggunaan media sosial terhadap kesiapan berwirausaha. Data primer diperoleh menggunakan metode proportionate stratified random sampling dengan jumlah sample sebanyak 165 peserta di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, melalui survei independen dengan kuesioner online. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) dengan aplikasi Smart-PLS digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari pengetahuan kewirausahaan dan mindset berwirausaha terhadap kesiapan kewirausahaan pada mahasiswa, serta penggunaan sosial media tidak berpengaruh langsung terhadap kesiapan berwirausaha. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa mindset berwirausaha bertindak sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap kesiapan kewirausahaan. Penelitian ini terbatas pada satu fakultas dan dengan penggunaan variabel yang terbatas yaitu kesiapan berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, mindset berwirausaha, dan media sosial. Variabel pengetahuan kewirausahaan memainkan peran penting dalam memberikan pemahaman yang diperlukan tentang langkah-langkah praktis dan teoritis dalam memulai dan mengelola usaha. Mindset berwirausaha menciptakan fondasi psikologis yang diperlukan untuk mengatasi rintangan, memperjuangkan tujuan, dan meraih peluang. Media sosial memperluas jaringan sosial individu, menyediakan akses ke informasi terkini, dan memfasilitasi kolaborasi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. ****This study aims to evaluate the influence of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial mindset, and use of social media on entrepreneurial readiness. Primary data were obtained using proportionate stratified random sampling method with a sample of 165 participants at the Faculty of Economics, State University of Jakarta, through an independent survey with an online questionnaire. The research was conducted with quantitative descriptive methods, with the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) technique with the Smart-PLS application used to analyze the data. The results showed a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge and entrepreneurial mindset on entrepreneurial readiness in students, and the use of social media did not directly affect entrepreneurial readiness. The findings also reveal that entrepreneurial mindset acts as a mediating variable in the relationship between entrepreneurial knowledge and social media use on entrepreneurial readiness. This research is limited to one faculty and with limited use of variables, namely entrepreneurial readiness, entrepreneurial knowledge, entrepreneurial mindset, and social media. Entrepreneurial knowledge variables play an important role in providing the necessary understanding of practical and theoretical steps in starting and managing a venture. An entrepreneurial mindset creates the psychological foundation needed to overcome obstacles, fight for goals, and seize opportunities. Social media expands individual social networks, provides access to up-to-date information, and facilitates the collaboration needed to grow a business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dr.Suparno, S.Pd, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sukarja .
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:15
Last Modified: 11 Jun 2024 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45443

Actions (login required)

View Item View Item