FAHMI MAHMUDDIN SIREGAR, . (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS HEYMALE.ID (SURVEI PADA KONTEN REELS INSTAGRAM @HEYMALE.ID PADA 31 MEI 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (935kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Instagram merupakan salah satu social media potensial yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi pemasaran dengan melihat berbagai fitur yang mendukung serta audiens yang luas. Terbukti, saat ini berbagai brand aktif melakukan pemasaran di instagram, mulai dari UMKM hingga brand besar. Salah satu brand yang aktif menggunakan Instagram sebagai sarana pemasarannya adalah Heymale.id. Heymale.id merupakan salah satu brand fashion pria, yang berdiri pada tahun 2015 dan menyajikan konsep basic club. Penelitian ini menggunakan teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Levy, yang menyatakan new media seperti lingkungan informasi yang terbuka, fleksibel dan dinamis, yang memungkinkan manusia mengembangkan orientasi pengetahuan yang baru dan juga menjadi interaktif. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu social media dan brand awareness. Social media memiliki empat dimensi, yaitu self-presentation, self-disclosure, social-presence, dan media-richness. Brand awareness memiliki empat dimensi, yaitu unware of brand, brand recognitions, brand recall, dan top of mind. Paradigma yang menjadi landasan dalam kerangka penelitian ini adalah pendekatan positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 1.890 individu, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 95 responden. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui penyelenggaraan kuesioner secara daring menggunakan Google Form. Peneliti menerapkan metode purposive sampling dalam seleksi responden, dengan kriteria yang ditetapkan adalah individu yang menyukai konten reels yang dipublikasikan pada akun Instagram @heymale.id pada tanggal 31 Mei 2023. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan univariate dan bivariate, yang disertai dengan penerapan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh peneliti terbukti berdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media Instagram @heymale.id berpengaruh moderat terhadap brand awareness Heymale.id. Maka dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh antara social media Instagram @heymale.id terhadap brand awareness Heymale.id. Selain itu, mayoritas responden sependapat bahwa konten reels Instagram @heymale.id pada tanggal 31 Mei 2023 berdampak pada brand awareness mereka terkait brand Heymale.id. Social media Instagram @heymale.id aktif membagikan berbagai jenis konten dan memiliki feedback yang baik dari audiensnya. Begitu juga dengan konten reels Instagram @heymale.id pada tanggal 31 Mei 2023 yang mendapat banyak likes & comment. Selain itu, brand awareness Heymale.id berada pada tingkatan brand recognitions. Akan tetapi, diperlukan peningkatan pembahasan yang mendalam mengenai brand Heymale.id agar Heymale.id dapat diketahui detail oleh para konsumennya. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Social media, Brand Awareness Instagram is a potential social media that can be used as a means of marketing communication by looking at various supporting features and a wide audience. It is proven that currently, various brands are actively marketing on Instagram, from UMKM to big brands. One brand that actively uses Instagram as a marketing tool is Heymale.id. Heymale.id is a men's fashion brand founded in 2015 and presents a basic club concept. This research uses the new media theory put forward by Pierre Levy, which states that new media is like an open, flexible, and dynamic information environment, which allows humans to develop new knowledge orientations and also be interactive. This research uses two variables, namely social media and brand awareness. Social media has four dimensions, namely self-presentation, self-disclosure, social-presence, and media-richness. Brand awareness has four dimensions, namely awareness of the brand, brand recognition, brand recall, and top of mind. The paradigm that is the basis for this research framework is a positivist approach with a quantitative approach. The population of this study was 1,890 individuals, while the number of samples taken was 95 respondents. The data collection procedure was done by administering an online Google Forms questionnaire. The researcher applied a purposive sampling method in selecting respondents, with the criteria set being individuals who liked the reels content published on the Instagram account @heymale.id on May 31, 2023. The data analysis techniques used in this research include univariate and bivariate approaches, accompanied by applying simple linear regression analysis. Based on the research results, the data obtained by the researchers was proven to be normally and linearly distributed. The results of this research show that social media Instagram @heymale.id has a moderate influence on Heymale.id brand awareness. So it can be stated that Ha is accepted and Ho is rejected, that is, there is an influence between social media Instagram @heymale.id on Heymale.id brand awareness. Apart from that, the majority of respondents agreed that the content of the @heymale.id Instagram reels on May 31 2023 had an impact on their brand awareness regarding the Heymale.id brand. Social media Instagram @heymale.id actively shares various types of content and has good feedback from its audience. Likewise with the Instagram reels content @heymale.id on May 31 2023 which received many likes & comments. Apart from that, Heymale.id's brand awareness is at the brand recognition level. However, it is necessary to increase in-depth discussion regarding the Heymale.id brand so that Heymale.id can be known in detail by its consumers. Keywords: Marketing Communications, Social media, Brand Awareness
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Maulina Larasati Putri, M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 22322 not found. |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 01:41 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45447 |
Actions (login required)
View Item |