QUROTUL AINI, . (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU MENABUNG (STUDI KASUS MASYARAKAT GENERASI Z DI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf.pdf Download (672kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (279kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Menabung pada masyaeakat Generasi Z di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode pengambilan data dengan metode kuesioner. Data setelah dikumpulkan kemudian di olah menggunakan alat bantu SPSS Versi 27. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Sampel pada penelitian ini sebanyak 136 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku menabung, (2) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara inklusi keuangan terhadap perilaku menabung, (3) adanya pengaruh positif dan signifikan antara kontrol diri terhadap pedilaku menabung, (4) Secara simultan berpengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan, inklusi keuangan, dan kontrol diri, terhadap perilaku menabung. This study aims to determine the effect of Financial Literacy, Financial Inclusion, and Self-Control on Saving Behaviour in Generation Z society in DKI Jakarta. The method used in this research is quantitative method. The data source used in this study is primary data. The data collection method is the questionnaire method. The data after being collected is then processed using SPSS Version 27. The data analysis techniques used are prerequisite analysis, multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The sample in this study were 136 respondents. The results of this study indicate that: (1) there is a positive and significant influence between financial literacy on saving behaviour, (2) there is no positive and significant influence between financial inclusion on saving behaviour, (3) there is a positive and significant influence between self-control on saving behaviour, (4) simultaneously a positive and significant effect between financial literacy, financial inclusion, and self-control, on saving behaviour.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Karuniana Dianta A. S, S.IP., M.E. 2. Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 22326 not found. |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 00:45 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 00:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45459 |
Actions (login required)
View Item |