PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DIGITAL DENGAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

NAJJUAH, . (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DIGITAL DENGAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Chapter 1 (BAB 1).pdf

Download (445kB)
[img] Text
Chapter 2 (BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 3 (BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 4 (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 5 (BAB 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
Bibliografhy (Daftar Pustaka).pdf

Download (323kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kewirausahaan berperan penting dalam perubahan teknologi karena berperan penting dalam menumbuhkan kekayaan pengetahuan, produktivitas, kebaruan bisnis, mendorong penaikan kesempatan kerja dan menumbuhkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha digital, serta menguji peran mediasi pendidikan kewirausahaan dan peran moderasi media sosial. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 154 siswa SMAN 14 Jakarta yang disebarkan menggunakan Google Form. Selain itu, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SEM-PLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi keuangan dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha digital. Pendidikan kewirausahaan mampu memediasi literasi keuangan terhadap intensi berwirausaha digital. Sedangkan media sosial tidak memoderasi pengaruh literasi keuangan dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha digital. Hal ini membuktikan optimalisasi literasi digital siswa belum maksimal. Siswa hanya menggunakan media sosial untuk tujuan komunikasi dan pembelajaran berguna lainnya dan belum seutuhnya memanfaatkannya untuk peluang bisnis. ******** Entrepreneurship plays an important role in technological change because it plays an important role in growing wealth of knowledge, productivity, business novelty, encouraging increased employment opportunities and fostering competition. This research aims to examine the influence of financial literacy and entrepreneurship education on digital entrepreneurial intentions, as well as examine the mediating role of entrepreneurship education and the moderating role of social media. This research uses primary data obtained from 154 students of SMAN 14 Jakarta which was distributed using Google Form. Apart from that, the analysis method used in this research is the SEM-PLS analysis method. The research results prove that there is a positive and significant influence of financial literacy and entrepreneurship education on digital entrepreneurial intentions. Entrepreneurship education is able to mediate financial literacy towards digital entrepreneurial intentions. Meanwhile, social media does not moderate the influence of financial literacy and entrepreneurship education on digital entrepreneurial intentions. This proves that optimizing students' digital literacy has not been optimal. Students only use social media for communication and other useful learning purposes and do not fully utilize it for business opportunities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd.,M.Pd. 2). Aditya Pratama, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 22339 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:23
Last Modified: 14 Jun 2024 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45470

Actions (login required)

View Item View Item