PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ERA DIGITAL TERHADAP BRAND AWARENESS: STUDI PADA BRAND WARDAH DI TIKTOK

NURUL AULIA HAPSARI, - (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ERA DIGITAL TERHADAP BRAND AWARENESS: STUDI PADA BRAND WARDAH DI TIKTOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) di era digital terhadap brand awareness, dengan studi pada brand Wardah di platform TikTok. Latar belakang penelitian ini adalah peran media sosial yang tidak hanya sebagai sarana interaksi sosial, tetapi juga sebagai alat bagi konsumen untuk mencari rekomendasi merek melalui berbagi pengalaman dan ulasan produk atau yang disebut juga dengan E-WOM. E-WOM sendiri merupakan salah satu elemen kunci dalam mempengaruhi brand awareness. TikTok, sebagai media sosial terkemuka, sering diakses untuk informasi produk kecantikan, menjadikannya platform yang relevan untuk studi ini. Wardah berhasil mencapai peringkat kedua sebagai merek lokal dengan jumlah tampilan terbanyak di TikTok, menunjukkan tingginya interaksi pengguna dengan konten terkait merek ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner yang bersifat asosiatif kasual. Survei dilakukan terhadap 400 responden pengukut akun TikTok Wardah. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dan kuat dari E-WOM terhadap brand awareness. Semakin tinggi intensitas E-WOM yang dilakukan, semakin tinggi pula tingkat brand awareness pada brand Wardah. Temuan ini mengindikasikan bahwa E-WOM dapat menjadi strategi public relations (PR) yang efektif untuk meningkatkan brand awareness di era digital dengan memanfaatkan platform media sosial. Praktisi PR perlu membangun dan memanfaatkan E-WOM karena pengaruh besarnya dalam meningkatkan brand awareness. This study aims to analyze the impact of electronic word of mouth (E-WOM) in the digital era on brand awareness, with a case study on the Wardah brand on the TikTok platform. The background of this research highlights the role of social media not only as a means of social interaction but also as a tool for consumers to seek brand recommendations through sharing experiences and product reviews. E-WOM has become a key element in influencing brand awareness. TikTok, as a leading social media platform, is frequently accessed for beauty product information, making it a relevant platform for this study. Wardah has achieved the second rank as the local brand with the highest number of views on TikTok, indicating high user interaction with content related to this brand. The research method used is quantitative, with a survey approach through questionnaires of an associative causal nature. The survey was conducted with 400 followers Wardah on TikTok respondents. The results of the study show a significant and strong positive influence of E-WOM on brand awareness. The higher the intensity of E-WOM, the higher the level of brand awareness for the Wardah brand. These findings indicate that E-WOM can be an effective public relations (PR) strategy to enhance brand awareness in the digital era by leveraging social media platforms. PR practitioners need to build and utilize E-WOM due to its significant influence on increasing brand awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mentari Anugrah Imsa, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Nurul Aulia Hapsari .
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:10
Last Modified: 24 Jun 2024 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45487

Actions (login required)

View Item View Item