PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

ANISAH FITRI, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung variabel media pembelajaran internet sebagai variabel independen dan aktivitas belajar sebagai variabel intervening terhadap hasil belajar siswa sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan adalah dengan metode keuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 Depok pada mata pelajaran ekonomi dengan jumlah sampel sebanyak 204 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban yang disebar menggunakan google form yang berisi 11 pernyataan dan data sekunder berupa nilai dari mata pelajaran ekonomi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan Software SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh langsung Media Pembelajaran Internet terhadap Hasil Belajar Siswa , (2) Terdapat pengaruh langsung Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa, (3) Terdapat pengaruh langsung Media Pembelajaran Internet terhadap Aktivitas Belajar, (4) Terdapat pengaruh tidak langsung Media Pembelajaran Internet melalui Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. This research was conducted with the aim of determining the direct and indirect influence of internet learning media variables as an independent variable and learning activities as an intervening variable on student learning outcomes as the dependent variable. The method used is a quantitative method. The population in this study were class X students at SMAN 4 Depok in economics subjects with a sample size of 204 students. The data used in this research is primary data obtained from distributing questionnaires which were measured using a Likert scale with 5 alternative answers distributed using a Google form containing 11 statements and secondary data in the form of grades from economics subjects. The data analysis technique uses path analysis with the help of SPSS Version 25 software. The research results show that: (1) There is a direct influence of Internet Learning Media on Student Learning Outcomes, (2) There is a direct influence of Learning Activities on Student Learning Outcomes, (3) There is an influence Internet Learning Media directly affects Learning Activities, (4) There is an indirect influence of Internet Learning Media through Learning Activities on Student Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof.Dr.Ari Saptono,SE.,M.Pd 2) Aditya Pratama,S.Pd.,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 22364 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2024 00:23
Last Modified: 03 Jul 2024 00:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45518

Actions (login required)

View Item View Item