PRISY DEWANTI, . (2024) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Prisy Dewanti_ Cover (1).pdf Download (639kB) |
|
Text
Prisy Dewanti_Bab I.pdf Download (324kB) |
|
Text
Prisy Dewanti_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
Prisy Dewanti_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
Prisy Dewanti_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text
Prisy Dewanti_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
Prisy Dewanti_Dafpus.pdf Download (200kB) |
|
Text
Prisy Dewanti_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci tentang bagaimana pembelajaran menggambar ilustrasi pada keterampilan desain grafis bagi siswa tunarungu di SLBN 5 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SLBN 5 Jakarta dalam kurun waktu satu semester. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dengan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa materi yang digunakan guru adalah menggambar ilustrasi dengan memfokuskan tema sesuai dengan kegemaran siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi pada keterampilan desain grafis guru menggunakan metode demonstrasi dengan empat tahapan yaitu tahap penyampaian konsep, tahap membuat sketsa bersama, tahap membuat ilustrasi, dan tahap membuat desain. Evaluasi dilakukan dengan unjuk kerja secara individual dan tes tulis pada setiap akhir semester. Faktor yang memengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas yaitu faktor kemampuan guru dalam menggambar ilustrasi dan koneksi internet yang tidak stabil. Dampak yang ditimbulkan dari penelitian ini adalah guru mengevaluasi pembelajaran di kelas dan mengembangkan kemampuan berbahasa isyaratnya. ********** This research aims to describe and illustrate in detail about how learning to draw illustrations in graphic design skills for deaf students at SLBN 5 Jakarta. This research uses a qualitative method of descriptive study. This research was conducted at SLBN 5 Jakarta within one semester. Data collection procedures were carried out using observation techniques, interviews, document studies. Data analysis in this study uses Miles and Huberman which consists of data reduction, data presentation, and conclusions. With data validity using triangulation techniques. Based on the results of the study obtained the results that the material used by the teacher is drawing illustrations by focusing on themes according to the students' favorite. Implementation of learning to draw illustrations on graphic design skills teachers use the demonstration method with four stages, namely the stage of understanding the concept, the stage of sketching together, the stage of making illustrations, and the stage of making designs. Evaluation is done by individual work performance and written tests at the end of each semester. Factors that influence learning activities in the classroom are the teacher's ability to draw illustrations and unstable internet connections. The impact of this research is that teachers evaluate learning in class and develop their sign language skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd. ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Kesenian > Seni Rupa, Fotografi Kesenian > Seni Menggambar Teknologi dan Ilmu Terapan > Kerajinan Tangan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 22454 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 00:40 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 00:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45580 |
Actions (login required)
View Item |