APRILIRIANA DAMAYANTI, . (2024) EFEKTIVITAS MANAJEMEN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DI UPT PELATIHAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pelatihan dan hambatan dalam pelaksanaan manajemen pelatihan pada Program Pelatihan Pelayanan Prima yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Perencanaan pelatihan sudah dikatakan efektif yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan pelatihan dapat diketahui jenis pelatihan yang diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan, mendesain program pelatihan yang sesuai dapat menyediakan sumber daya yang berkualitas; 2) Pelaksanaan pelatihan sudah dikatakan efektif yaitu tingkat kehadiran peserta yang tinggi sesuai dengan target yang telah ditentukan, penggunaan metode pelatihan yang tepat dapat mengelola waktu kegiatan pelatihan sesuai dengan jadwal dan penggunaan fasilitas dengan efisien dapat meningkatjan motivasi serta partisipasi peserta 3) Evaluasi, peserta cukup merasa puas dengan kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima dari segi materi, fasilitas, instruktur, maupun penyelenggara dan adanya peningkatan kemampuan peserta pelatihan. Namun belum adanya tindak lanjut dari UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penerapan keterampilan peserta di dalam dunia kerja dan dampak Pelatihan Pelayanan Prima yang dirasakan perusahaan. Maka, evaluasi ini masih belum dikatakan efektif karena proses yang dilakukan belum lengkap dan komperhensif sehingga diharapkan evaluasi ini nantinya dapat ditindak lanjuti dengan terstruktur; 4) Hambatan yang terjadi pada penerapan manajemen pelatihan diantaranya yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sehingga pada proses perencanaan belum optimal dalam menyusun jadwal pelatihan yang tepat antara tim penitia, instruktur, dan peserta pelatihan, monitoring pada pelaksanaan pelatihan yang tidak maksimal, serta tidak adanya tindak lanjut pada proses evaluasi. Solusi yang dapat dilakukan dengan menambahkan jumlah SDM agar manajemen pelatihan dapat berjalan dengan efektif. ***** This research aims to describe the effectiveness of planning, implementation, evaluation of training and obstacles in implementing training management in the Excellent Service Training Program organized by UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques in this research used observation, interviews and documentation studies. The results of the research that has been carried out show: 1) Training planning has been said to be effective, namely by conducting a training needs analysis you can find out what type of training is needed and according to needs, designing appropriate training programs can provide quality resources; 2) The implementation of the training has been said to be effective, namely a high level of participant attendance in accordance with predetermined targets, the use of appropriate training methods can manage the time of training activities according to the schedule, and efficient use of facilities can increase participant motivation and participation; 3) Evaluation, participants were quite satisfied with the Excellent Service Training activities in terms of materials, facilities, instructors and organizers and there was an increase in the abilities of the training participants. However, there has been no follow-up from UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta regarding the application of participants' skills in the world of work and the impact of Excellent Service Training felt by the company. Therefore, this evaluation cannot yet be said to be effective because the process carried out is not yet complete and comprehensive, so it is hoped that this evaluation can be followed up in a structured manner; 4) Obstacles that occur in the implementation of training management include the lack of Human Resources (HR) at the Training UPT of the DKI Jakarta Provincial Government so that the planning process is not yet optimal in preparing appropriate training schedules between the training team, instructors and training participants, monitoring of training implementation which is not optimal, and there is no follow-up in the evaluation process. The solution that can be done is to increase the number of human resources so that training management can run effectively
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd 2) Prof. Dr. Masduki Ahmad, S.H., M.M |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 22614 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 05:21 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 05:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45639 |
Actions (login required)
View Item |