PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI PROGRAM STUDI PTIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AFIN HUMAM ANANSYA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI PROGRAM STUDI PTIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Perancangan Jaringan Komputer dan penyebaran kuesioner kepada beberapa mahasiswa didapatkan permasalahan yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis online pada mata kuliah Perancangan Jaringan Komputer dan pada materi-materi di mata kuliah tersebut yang juga berkaitan dengan materi yang ada pada mata kuliah sebelumnya, media pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah Perancangan Jaringan Komputer berupa e-book biasa dan PowerPoint yang dirasa kurang menarik dan kurang mudah dipahami ketika mahasiswa belajar secara mandiri, serta diperlukan media pembelajaran yang fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book interaktif pada mata kuliah Perancangan Jaringan Komputer di program studi PTIK UNJ. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah MDLC versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan produk e-book interaktif dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Pengujian ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 100% yang berada dalam kategori “sangat layak” dan pengujian ahli media memperoleh tingkat kelayakan 93,91% yang berada dalam kategori “sangat layak”. Untuk pengujian produk oleh responden menggunakan uji potensi dengan teknik statistik deskriptif dan pengujian metode SUS. Untuk uji potensi mendapatkan persentase sebesar 88,63% yang berada dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan, pengujian metode SUS skor akhirnya sebesar 90 yang masuk dalam tingkat penerimaan “acceptable” dengan tingkat adjective “best imaginable” dan termasuk grade “A”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, menunjukkan bahwa produk e-book interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis online untuk mahasiswa peminatan TKJ program studi PTIK UNJ. Based on the result of interviews with lecturers in charge of the Computer Network Design course and the distribution of questionnaires to several students, the problem was that there was no online-based learning media in the Computer Network Design course and in the materials in that course which also related with the material in the course before, the learning media used in the Computer Network Design course are in the form of ordinary e-books and PowerPoint which are considered less interesting and less easy to understand when students study independently, and flexible learning media are needed. The purpose of this research is to develop interactive e-book learning media in the Computer Network Design course at the PTIK UNJ study program. The method used in developing this learning media is the Luther-Sutopo version of MDLC which consists of six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. The feasibility testing of interactive e-book products was conducted by material experts and media experts using descriptive statistical techniques. The material expert test obtained a feasibility level of 100%, which falls into the category of "very feasible." The media expert test obtained a feasibility level of 93,91%, also falling into the category of "very feasible". Product testing by respondents included a potential test with descriptive statistical techniques and SUS method testing. The potential test yielded a percentage of 88,63%, categorizing it as "very feasible." Meanwhile, the SUS method test had a final score of 90, placing it in the "acceptable" acceptance level with the adjective "best imaginable" and receiving a grade of "A". Based on the results of this assessment, it is evident that the interactive e-book product is suitable for use as the online learning media for TKJ students interested in the PTIK UNJ study program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc. 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.SI., M.Ed.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 22591 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:21
Last Modified: 19 Jul 2024 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45707

Actions (login required)

View Item View Item