MAGFIRA ADZANIA, . (2024) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA) DI PUSDIKLATBANGPROF KEMENSOS RI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover (3).pdf Download (906kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip andragogi dalam proses pembelajaran pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di PUSDIKLATBANGPROF Kemensos RI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisa naratif. Subjek penelitian terdiri dari 3 widyaiswara, 3 peserta diklat, dan 1 ketua penyelenggara Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PUSDIKLATBANGPROF Kemensos RI hanya menerapkan 3 (tiga) dari 5 (lima) prinsip-prinsip andragogi yang dikemukakan oleh Lindenman dalam Winarti (2018) yaitu orientasi belajar orang dewasa, pengalaman sebagai sumber belajar, dan orang dewasa mampu mengarahkan diri sendiri. Orientasi belajar orang dewasa diterapkan dengan memberikan materi ajar yang relevan dan praktis dengan pengemasan materi yang mudah diakses melalui Massive Online Open Course (MOOC). Pengalaman sebagai sumber belajar diterapkan dengan mengintegrasikan pengetahuan dan pengalaman peserta diklat dengan menggunakan metode experiental learning. Prinsip orang dewasa mampu mengarahkan diri sendiri diterapkan dengan memberikan umpan balik pembelajaran dengan memberikan kesempatan berpendapat dan berdiskusi aktif kepada peserta diklat. Sedangkan prinsip yang belum diterapkan yaitu identifikasi kebutuhan belajar yang sesuai dan penggunaan metode pembelajaran interaktif. Hal ini dikarenakan widyaiswara dan peserta diklat tidak terlibat didalam menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran dan penyampaian materi belum sesuai dengan preferensi dan kecepatan belajar peserta diklat. Implikasi dari penelitian ini mencakup perlu adanya evaluasi dan pertimbangan lebih lanjut terhadap kurikulum pembelajaran khususnya tujuan pembelajaran, dan keberagaman gaya belajar yang digunakan widyaiswara untuk mendukung pembelajaran yang sesuai minat kebutuhan dan kecepatan belajar dari peserta diklat. Kata Kunci: Andragogi, Proses Pembelajaran, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ******** ABSTRACT This research aimed to investigate the implementation of andragogical principles in the learning process of the Administrator Leadership Training (PKA) at PUSDIKLATBANGPROF, Ministry of Social Affairs, Republic of Indonesia. It employed a qualitative research design with a narrative analysis approach. The subjects consisted of 3 instructors (widyaiswara), 3 training participants, and 1 head organizer of the Administrator Leadership Training (PKA). Data collection methods included observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques involved data collection, data presentation, data reduction, and drawing conclusions. The findings indicated that PUSDIKLATBANGPROF, Ministry of Social Affairs, Republic of Indonesia, implemented only 3 out of 5 andragogical principles proposed by Lindenman in Winarti (2018). These principles included adult learning orientation, experience as a learning resource, and adults' ability to self-direct. Adult learning orientation was implemented by providing relevant and practical teaching materials with content delivered in an easily accessible manner through a Massive Online Open Course (MOOC). Experience as a learning resource was integrated by incorporating participants' knowledge and experiences using experiential learning methods. The principle of adults' ability to self-direct was applied through providing learning feedback and actively engaging participants in discussions and opinions.However, principles that were not fully implemented included identifying appropriate learning needs and using interactive learning methods. This was due to instructors and participants not being involved in determining and formulating learning objectives, and the delivery of materials not aligning with participants' learning preferences and pace. The implications of this study highlight the need for further evaluation and consideration of the curriculum, especially in defining learning objectives and incorporating diverse learning styles used by instructors to support learning that aligns with participants' interests, needs, and learning pace. Keywords: Andragogy, Learning Process, Administrator Leadership Training (PKA)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Hafid Abbas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 22621 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2024 23:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45742 |
Actions (login required)
View Item |