MODEL PERMAINAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KOMUNIKATIF PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN

MUHAMMAD GALANG PUTRA JALASENA, . (2024) MODEL PERMAINAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KOMUNIKATIF PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk membentuk sikap komunikatif pada anak usia 10-12 tahun. Pemahaman tentang bermain masih sangat terbatas pada tahapan bermain diluar, padahal bermain yang menekankan pada pengembangan aspek penglihatan (visual), pendengaran (auditori), dan berbahasa sangat penting dalam proses pembentukan anak. Permainan berkelompok berfungsi untuk sarana bermain anak yang dilakukan dengan cara bersama teman–temannya. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Klender 04 Jalan Duren Sawit Barat III A No.6 6, RT.6/RW.11, Klender, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian pengembangan ADDIE digunakan untuk menyelidiki perkembangan konsep permainan dalam pembentukan sikap komunikatif di usia 10-12 tahun. Adanya permainan kelompok, mereka dapat berkerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah dalam sebuah permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan yang diterapkan dapat membentuk sikap komunikatif pada anak usia 10-12 tahun. Dapat dilihat dari antusias dan semangat anak usia 10-12 tahun saat peneliti menerapkan Model Permainan Dalam Pembentukan Sikap Komunikatif Pada Anak Usia 10-12 Tahun saat implementasi. *****ABSTRACT***** This study aims to form a communicative attitude in children aged 10-12 years. The understanding of play is still very limited to the stages of outside play, whereas play that emphasizes the development of visual, auditory, and language aspects is very important in the process of child development. Group games serve as a means of playing children who are carried out in a way with their friends. This research was conducted at Klender 04 State Elementary School, Jalan Duren Sawit Barat III A No.6, RT.6/RW.11, Klender, Duren Sawit District, East Jakarta City, Jakarta Special Capital Region. This study uses a qualitative approach with the ADDIE development research model used to investigate the development of game concepts in the formation of communicative attitudes in elementary schools. The existence of group games, they can work together in solving a problem in a game. The results showed that the applied game model can form a communicative attitude in children aged 10-12 years. It can be seen from the enthusiasm and enthusiasm of elementary school children when researchers applied the Game Model in the Formation of Communicative Attitudes in 10-12 Years Old Children during implementation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Sri Nuraini, M.Pd 2. Dr. Hernawan, S.E., M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 22595 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:11
Last Modified: 22 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45787

Actions (login required)

View Item View Item