PENGARUH PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PELAKSANA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PAUD ANGKATAN 1 DI DKI JAKARTA

UMY ISLAMIAH, . (2024) PENGARUH PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PELAKSANA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PAUD ANGKATAN 1 DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Variabel yang diteliti adalah pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar sebagai variabel bebas (variabel X) dan kompetensi profesional guru sebagai variabel terikat (variabel Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian yaitu guru PAUD pelaksana Program Sekolah Penggerak angkatan 1 di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Teknik random sampling yang mendapatkan sampel sebanyak 70 guru. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana, dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji signifikansi regresi, dan uji linearitas. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 2,601 yang artinya lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1,999. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif antara pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap peningkatan kompetensi profesional guru pelaksana Program Sekolah Penggerak jenjang PAUD angkatan 1 di DKI Jakarta. **** This study aims to determine whether or not there is an effect of utilizing Merdeka Mengajar Platform on improving teachers' professional competence. The variables studied are the utilization of Merdeka Mengajar Platform as the independent variable (variable X) and teacher professional competence as the dependent variable (variable Y). This study uses a quantitative approach with a survey method. The research population is PAUD teachers who implement the Movers School Program batch 1 in DKI Jakarta. The sampling technique used was random sampling technique which obtained a sample of 70 teachers. The data analysis technique used to test the hypothesis is simple linear regression analysis, with prerequisite tests including normality test, regression significance test, and linearity test. From the results of hypothesis testing, the tcount value is 2.601, which is greater than the ttable, which is 1.999. The results of this study can be concluded that there is a significant positive effect between the use of Merdeka Mengajar Platform on improving the professional competence of teachers implementing the Movers School Program for PAUD batch 1 in DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd .; 2). Dr. Siti Rochanah, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 22714 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:20
Last Modified: 22 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45789

Actions (login required)

View Item View Item